ADVERTISEMENT

Soal Vietnam Vs Thailand Terjawab, PSSI Masih Pikir-pikir Keluar dari AFF

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 30 Jul 2022 21:25 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Rachmat Irianto (kanan) terjatuh usai berebut bola dengan sejumlah pesepak bola Timnas Thailand dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
PSSI masih pikir-pikir soal keluar dari AFF. (Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

AFF sudah memberikan jawaban buat PSSI soal laga Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam Vs Thailand. PSSI kini masih menimbang wacana keluar dari AFF.

Dijelaskan PSSI, AFF tak menemukan adanya indikasi main mata antara Vietnam dan Thailand pada laga terakhir fase grup. Kedua tim bermain memilih bermain aman di atas menit ke-75 saat skor 1-1, karena kondisi itu sudah cukup membuat tim lolos ke semifinal Piala AFF U-19.

Laga itu kemudian membuat PSSI menyampaikan protes resmi ke AFF. Mereka mempertanyakan permainan tak fair play kedua tim dan meminta AFF untuk melakukan tindakan, andai kecurigaan mereka terbukti.

Protes dari PSSI lama tak dibalas dan muncul wacana Indonesia keluar dari AFF dan bergabung ke Konfederasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). Kini AFF sudah memberikan jawaban dan tak menemukan indikasi sebagaimana yang dituduh PSSI.

Menanggapi jawaban dari AFF ini, PSSI menegaskan menerima keputusan. Selain itu wacana keluar dari AFF juga masih akan dipikirkan matang-matang.

"Jadi setelah ini kami akan mendiskusikan dengan anggota Exco PSSI untuk membahas untung ruginya kita keluar atau tidak dari AFF," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi, dalam keterangan resminya.

"Setelah itu baru kami akan putuskan. Beri kami waktu dulu. Setelah semua clear, pada waktunya kita akan sampaikan kepada publik," ujarnya menambahkan.

Adapun sebelumnya PSSI sudah mengumumkan inti dari jawaban AFF. Mereka sudah mengkaji laga Vietnam Vs Thailand dan memeriksa apakah benar terjadi indikasi kecurangan.

"Dalam surat balasan disampaikan AFF menunjuk Sports Radar untuk melihat adanya indikasi kecurangan dalam pertandingan. AFF juga menghadirkan ahli analisa teknis untuk memberikan masukan dan mempelajari laporan pengawas dan perangkat pertandingan," tulis keterangan PSSI.

"Tak hanya itu AFF juga meminta masukan dari Ketua Komite Hukum AFF yang juga merupakan Ketua Komite Disiplin (Komdis) AFC. Dengan semua masukan tersebut di atas, disimpulkan bahwa tidak ada peraturan yang dilanggar dalam pertandingan 12 menit terakhir antara Vietnam dan Thailand. AFF pun berterima kasih kepada PSSI yang telah menyampaikan isu ini agar AFF bisa mempelajari dari berbagai sisi."



Simak Video "Netizen Indonesia Protes Laga Vietnam-Thailand, #AFF U-19 Trending"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT