ADVERTISEMENT

Protes Persebaya Dikabulkan PT LIB, Laga Kandang Malam Digeser ke Sore

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 09 Agu 2022 14:17 WIB
Persebaya Surabaya vs PSIM Yogyakarta
Permintaan Persebaya Surabaya dikabulkan PT Liga Indonesia Baru. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengabulkan permintaan Persebaya Surabaya terkait laga kandang malam. Operator memindahkan semua laga kandang Bajul Ijo ke sore hari.

Sebelumnya Persebaya melayangkan protes ke PT LIB terkait jadwal kandang di atas pukul 19.00 WIB. Pertandingan kandang malam dinilai tak ideal, baik buat calon penonton ke stadion hingga pertimbangan kesehatan pemain.

Persebaya sendiri sudah mendapatkan dampak dari pertandingan malam. Laga melawan PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (23/8/2022), sepi penonton.

Memang di Liga 1 2022 ada beberapa pertandingan yang dijadwalkan bermain malam pukul 20.30 WIB. Klub-klub besar banyak yang kebagian jatah ini, tak terkecuali Persebaya.

Setelah mendapat protes dari Persebaya, PT LIB pun akhirnya mengabulkan perubahan jadwal. Persebaya dipastikan tak akan main kandang di atas pukul 19.00 WIB.

"Persebaya menerima surat dari PT LIB Senin malam (8/8). Surat bernomor 345/LIB-KOM/VIII/2022 itu ditandatangani langsung oleh Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita. Isinya tentang perubahan jacm kick-off laga home Persebaya," tulis keterangan resmi Persebaya.

"Surat dari PT LIB tersebut merupakan balasan untuk surat Persebaya yang dikirimkan di hari yang sama pada siang harinya. Surat Persebaya itu bernomor 95/PT.PI-VIII/2022, berisi tentang penegasan Persebaya untuk adanya perubahan jam kick-off di atas pukul 19.00 WIB," lanjut keterangan klub.

Sementara PT LIB menjelaskan, ada dua rujukan dalam penentuan keputusan yang tertuang di surat 345/LIB-KOM/VIII/2022. Poin pertama adalah surat penegasan jam kick-off dari Persebaya. Poin kedua adalah koordinasi PT LIB dengan host broadcaster.

"Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, maka bersama ini kami PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan bahwa seluruh jadwal kandang klub Persebaya Surabaya di tahun 2022 yang mana jam kick-off di atas pukul 19.00 WIB akan disesuaikan menjadi sore hari dan akan dituangkan dalam circular yang akan disampaikan kemudian," demikian isi surat PT LIB kepada Persebaya.

Dalam surat lanjutan, PT LIB berkirim surat elektronik lagi. Yakni pemindahan laga-laga kandang Persebaya di atas pukul 19.00 WIB, digeser ke sore pukul 15.30 dan 16.00 WIB.

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT