ADVERTISEMENT

Piala AFC 2022: PSM Vs Kedah, Juku Eja Lebih Meyakinkan

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 09 Agu 2022 16:23 WIB
Pesepak bola PSM Makasar Pluim (kiri) berselebrasi dengan rekan setimnya usai menjebol gawang PSS Sleman saat pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (23/7/2022). PSM Makasar mengalahkan PSS Sleman dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.
PSM Makassar sedang meyakinkan menatap duel dengan Kedah Darul Aman. (Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta -

Semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2022 akan mempertemukan PSM Makassar vs Kedah Darul Aman. Kedua tim dalam kondisi berbeda, Juku Eja lebih meyakinkan.

Laga ini akan diselenggarakan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (9/8/2022), pukul 18.00 WIB. PSM bermain laga kandang rasa tandang karena akan menghadapi wakil Malaysia di Bali.

Selain berstatus sebagai tuan rumah, PSM juga sedang menikmati start bagus di Liga 1 2022. Dari tiga laga yang sudah dimainkan, PSM belum pernah kalah dengan hasil dua kami menang dan sekali imbang.

Hasil itu membuat PSM kini bercokol di peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1. Hal ini tentunya menjadi modal berharga buat PSM yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia di pentas antarklub Asia.

Sementara Kedah sedang menjalani periode kurang meyakinkan. Dari lima laga domestik yakni Piala FA dan Liga Super Malaysia, Kedah kalah empat kali dan hanya menang sekali.

Meski begitu, Kedah punya keuntungan yang tidak dimiliki PSM. Tim asuhan Aidil Sharin itu punya waktu persiapan panjang karena sudah lama istirahat sejak terakhir kali bertanding pada 1 Agustus kontra Sri Pahang di ajang Liga Super Malaysia.

"Persiapan kami cukup baik. Anak-anak sangat fokus dan sangat menantikan laga menuju semifinal ini. Kami sangat menyadari kualitas PSM Makassar dan kami menghormati mereka," kata Aidil Sharin, dikutip dari laman AFC.

"Kami tahu kekuatan mereka dan kelemahannya setelah melakukan analisis, terutama dari laga mereka melawan Persija Jakarta," ujarnya menambahkan.

Ucapan Aidil mengacu ke pertandingan terakhir PSM kontra Persija di pekan ke-3 Liga 1. PSM harus puas bermain imbang 1-1 setelah sempat unggul 1-0 terlebih dahulu.

Hasil imbang itu sekaligus memutus tren menang PSM dalam dua laga sebelumnya. Meski begitu, Aidil tetap mewaspadai PSM yang dinilainya punya mental bagus yang menjadi ancaman buat timnya.

"Para pemain mereka sangat berpengalaman dan mereka tak hanya mengandalkan satu atau dua pemain saja. Mereka tim yang kompak dan sangat kuat secara unit," ucap pelatih asal Singapura itu.

"Kami harus mewaspadai kekuatan mereka yang sangat bagus dalam melakukan serangan balik. Begitu juga dengan kualitas bola mati mereka," ucapnya.

Sementara itu, PSM berharap kiprah mereka di pentas Asia bisa terus berlanjut. Selain demi kebaikan klub, juga demi memperbaiki peringkat klub Indonesia di ranking AFC.

"Akan menyenangkan jika orang Bali dan pendukung klub lain datang (ke stadion) dan mendukung PSM Makassar karena pemain kami layak mendapatkannya," kata pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares.

"Jika kami melaju, itu akan bagus buat rangking Indonesia (di peringkat klub Asia). Kami sadar akan menghadapi tantangan berat," ujarnya menambahkan.

(cas/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT