ADVERTISEMENT

India Dibekukan FIFA, PSM Intip Peluang ke Final Inter Zona AFC Cup

M. Dandyanto Pratomo - Sepakbola
Selasa, 16 Agu 2022 22:43 WIB
PSM Makassar latihan persiapan menghadapi Rans Nusantara
PSM Makassar berpeluang tampil di Final Inter Zona AFC Cup 2022 (Dok. PSM Makassar)
Makassar -

PSM Makassar berpeluang lolos ke Final Inter Zona AFC Cup. Ini karena India tengah dibekukan FIFA. Lo, kenapa?

Sanksi FIFA tersebut bisa saja berdampak pada kiprah klub asal India yang tengah berlaga di ajang International musim ini. Salah satunya, ATK Mohun Bagan yang sudah memastikan lolos ke babak Semifinal Inter Zona AFC Cup.

Diketahui, ATK Mohun Bagan sedang menunggu lawan dari pemenang dari zona ASEAN. Juara zona ASEAN akan ditentukan oleh pemenang antara Kuala Lumpur City FC vs PSM Makassar, Rabu (24/8) mendatang.

Sanksi FIFA otomatis membuat ATK Mohun Bagan tersingkir. Hal ini memberikan keuntungan bagi pemenang PSM atau Kuala Lumpur City FC. Jika PSM menang di final zona ASEAN, maka secara otomatis tidak perlu melakoni pertandingan semifinal antar zona AFC Cup 2022 kontra ATK Mohun Bagan pada Rabu (7/9) mendatang.

PSM bisa langsung lolos ke final antar zona 5 Oktober. Calon lawannya adalan tiga klub, yakni Eastern Sports Club asal Hong Kong, tim asal Tajikistan Khujand, atau tim Uzbekistan Sagdiana Jizzakh.

Setelah itu pemenang final antar zona akan bertemu pemenang final Asia Barat di final AFC Cup 2022 22 Oktober.

Penyebab Sepak Bola India Dibekukan FIFA

FIFA menjatuhkan hukuman pembekuan kepada AIFF dikarenakan melanggar statuta FIFA, mengenai independensi setiap anggota. AIFF dianggap melanggar statuta FIFA karena ada campur tangan dari pihak ketiga terhadap urusan internal federasi dalam proses pemilihan ketua umum.

Pelanggaran itu dijatuhkan FIFA setelah Mahkamah Agung India membubarkan pengurus AIFF pada bulan Mei lalu dan menunjuk Komite Administrator (CoA) untuk mengelola sementara tata kelola sepak bola India. Mahkamah Agung India juga meminta Komite Eksekutif AIFF untuk menggelar pemilihan sesuai jadwal yang diusulkan oleh CoA.

Intervensi dari pengadilan tinggi India yang dianggap melanggar Statuta FIFA. Alhasil, FIFA menghukum AIFF dengan sanksi pembekuan yang diumumkan secara resmi per Selasa (16/8).

"Biro Dewan FIFA dengan bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dengan segera karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA," tulis FIFA.

Sementara itu, belum diketahui kapan pembekuan AIFF oleh FIFA akan dicabut. Dalam keterangan resminya, FIFA mengatakan akan mencabut sanksi itu ketika AIFF sudah menyelesaikan masalah internalnya.

"Penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF," tulis FIFA menambahkan.

Artikel ini pertama kali tayang di kanal detikSulsel.

(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT