ADVERTISEMENT

Timnas U-16 Hadiri Konser Dangdut buat Terima Bonus, Ini Penjelasan PSSI

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 18 Agu 2022 15:40 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-16 bersama Menpora Zainudin Amali (tengah) merayakan kemenangan seusai mengalahkan Timnas Vietnam U-16 saat laga final AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat (8/12/2022). Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Timnas Vietnam U-16 dengan skor 1-0. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/rwa.
Timnas U-16 Hadiri Konser Dangdut buat Terima Bonus, Ini Penjelasan PSSI (Foto: Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta -

PSSI menjawab kritikan warganet terkait Timnas Indonesia U-16 menghadiri undangan konser dangdut. Federasi beralasan Garuda Asia datang untuk menerima bonus.

Timnas U-16 menghadiri konser dangdut di perayaan Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022). Acara itu diadakan oleh salah satu grup media swasta nasional, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek).

Hal itu kemudian mendapat kritikan dari banyak warganet yang menilai Timnas U-16 mulai dieksploitasi. PSSI dikritik karena seharusnya menjaga para bibit-bibit muda dari potensi mendapat pengaruh negatif.

Tak sedikit yang khawatir Timnas U-16 bakal serupa Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas. Saat itu Timnas U-19 menjalani serangkaian acara padat non-sepakbola setelah menjuarai Piala AFF U-19 2013.

Apalagi Timnas U-16 pada hari itu sudah berkegiatan dari pagi. Tim asuhan Bima Sakti menghadiri undangan Presiden RI Joko Widodo untuk melaksanakan upacara di Istana Negara.

PSSI beralasan bahwa undangan datang dari Emtek yang merupakan mitra federasi dan juga PT LIB dalam menggelar kompetisi Liga 1 dan 2. Undangan Emtek buat pemain dan ofisial Timnas U-16 sekaligus sebagai kesempatan untuk memberikan apresiasi (bonus).

"Jadi mereka (pemain dan ofisial) diundang karena Emtek ingin memberikan apresiasi. Itu makanya pemain dan pelatih datang," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi, dalam keterangan resminya.

"Setelah semua rangkaian di Jakarta, besok (Kamis, 18 Agustus) pemain sudah kembali ke daerah masing-masing," ujarnya menjelaskan.

Sementara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku mau memberikan kesempatan kepada pemain untuk menikmati keberhasilan. Tim diharapkan bisa enjoy setelah persiapan panjang dan menjalani Piala AFF U-16.

"Jadi, dengan hormat kepada seluruh teman-teman netizen biarkan mereka bergembira untuk memberikan semangat kembali, karena akan kembali ke klub. September akan ada TC kembali untuk persiapan nanti U-17. Mudah-mudahan akan mendapatkan hasil terbaik juga," ucap Iriawan.

Selain itu, acara ini juga terkait dengan peluncuran emblem Piala Dunia U-20 di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah. Memang FIFA baru saja meluncurkan emblem Piala Dunia U-20 di hari yang sama.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT