ADVERTISEMENT

Hasil Liga 1: Persis Vs Bhayangkara 1-0, Borneo Lawan Persebaya 2-1

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 19 Agu 2022 18:15 WIB
Logo Liga 1, Logo Bri Liga 1, BRI Liga 1
Borneo FC menang 2-1 atas Persebaya Surabaya, Persis Solo menaklukkan Bhayangkara FC 1-0. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Persis Solo akhirnya menang di Liga 1 2022 dengan mengalahkan Bhayangkara FC 1-0. Di laga lainnya, Borneo FC menang atas Persebaya Surabaya 2-1.

Kemenangan akhirnya diraih Persis pada pekan ke-5 Liga 1 2022. Persis sukses mengalahkan tuan rumah Bhayangkara 1-0 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (19/8/2022).

Kemenangan memang sudah ditargetkan Jacksen F. Tiago selaku pelatih Persis. Sebab ia mau mengamankan posisinya di Persis setelah timnya meraih empat kekalahan beruntun di empat laga awal Liga 1.

Keinginan Jacksen nampak berjalan baik dimana Persis mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Fernando Rodriguez nyaris membawa timnya unggul pada awal laga, sayang ia tak bisa memaksimalkan umpan dari Alexis Messidoro.

Tapi Bhayangkara juga tidak berdiam diri. Youssef Ezzejjari juga tampil menjadi momok pertahanan Persis, tapi striker asal Spanyol itu tak bisa memanfaatkan peluang-peluang yang didapatnya.

Situasi buntu akhirnya membuat Jacksen melakukan perubahan di awal babak kedua. Ia mengganti Gavin Kwan dan Alexis Messidoro dengan Althaf Indi Airizky dan Sutanto Tan.

Gol Persis Solo pun akhirnya tercipta pada menit ke-55 lewat tandukan Fernando Rodriguez. Eks pemain Mitra Kukar itu berhasil menyambut umpan sundulan dari Fabiano Beltrame.

Keunggulan itu berhasil dipertahankan Persis sampai akhir sehingga mendapatkan poin pertamanya. Gavin Kwan Cs pun merangksek ke peringkat ke-15 dengan menggeser Barito Putera.

Sementara Bhayangkara tetap di posisi ke-12 dengan raihan 5 angka. The Guardian baru menang sekali, imbang dan kalah masing-masing dua kali.

Borneo FC Samarinda Vs Persebaya Surabaya

Laga pekan ke-5 Liga 1 lainnya mempertemukan Borneo melawan Persebaya di Stadion Segiri, Samarinda. Borneo menang dramatis dengan cara dramatis berkat hadiah penalti di menit akhir.

Borneo unggul 1-0 lebih dulu via tandukan dari Matheus Pato pada menit ke-63. Pemain bernomor punggung 7 itu sukses menyambut tendangan sudut dari Stefano Lilipaly.

Tapi keunggulan itu hanya bertahan empat menit karena Persebaya sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Pemain asal Brasil melakukan solo-run dalam proses serangan balik cepat, lalu melepaskan tendangan ke tiang jauh yang tak bisa dihalau kiper Borneo Dwi Kuswanto.

Lalu di injury time wasit Sance Lawita menghadiahi Borneo tendangan penalti setelah Muhammad Sihran dijatuhkan di kotak terlarang. Matheus Pato yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya sekaligus mencetak brace dan membawa Borneo kembali unggul 2-1.

Skor itu bertahan sampai akhir sehingga Borneo FC untuk sementara naik ke puncak klasemen dengan 12 poin. Pesut Etam empat kali menang dan sekali kalah.

Sementara Bajul Ijo tak beranjak dari posisi ke-13 dengan 4 angka. Tim asuhan Aji Santoso mencatat sekali menang, sekali imbang, dan tiga kali kalah.

(cas/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT