Belum Selesai, Naturalisasi Jordi Amat & Sandy Walsh Masih Dibahas di DPR

ADVERTISEMENT

Belum Selesai, Naturalisasi Jordi Amat & Sandy Walsh Masih Dibahas di DPR

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 30 Agu 2022 21:22 WIB
Jordi Amat dan Sandy Walsh
Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat masih lanjut dibahas di DPR RI. (Foto: dok PSSI)
Jakarta -

Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh masih akan lanjut dibahas di Komisi X DPR RI. PSSI rencananya akan kembali ke DPR pada Kamis (1/9/2022).

Persetujuan Komisi III DPR bukan akhir dari proses naturalisasi kedua pemain tersebut. Sebelumnya Komisi III sudah menyetujui naturalisasi Jordi dan Sandy, Senin (29/8/2022), tapi masih akan ada tahapan di komisi lainnya.

Semula persetujuan Komisi III diduga menjadi langkah naturalisasi kedua pemain itu sebelum mendapat pengesahan berupa Keputusan Presiden (Keppres). Tapi PSSI masih akan menghadapi ke Komisi X dulu, yang memang menangani olahraga.

"Kamis kami akan rapat yang sama dengan komisi III. Terima kasih ke Komisi III sudah setuju pemain naturalisasi bergabung. Kami dengar pendapat dengan Komisi X. Akan kami jelaskan kembali," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, kepada wartawan, Selasa (30/8/2022).

"Mereka (Komisi X) mau tahu kenapa naturalisasi. Untuk apa? Siapa dia? Saya akan menjelaskan ke mereka seperti saya jelaskan ke Komisi III. Mereka sudah jauh-jauh hari mau menjadi WNI. Setiap tanding mereka bawa merah putih. Kebetulan masuk radar Shin Tae-yong. Ini akan saya jelaskan," ujarnya.

Dijelaskan Iriawan lagi, pertemuan dengan Komisi X juga bukan tahap akhir di DPR. Masih akan ada tahap finalisasi lagi sampai mereka benar-benar diambil sumpahnya untuk mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI).

"Proses berikutnya paripurna. Lalu penyelesaian kewarganegaraan. Setelah selesai dengan dua komisi berkaitan, lalu paripurna, dan ditentukan berkaitan kepindahan kewarganegaraan," ucapnya.

Sebelumnya PSSI menargetkan keduanya sudah bisa membela Timnas Indonesia pada FIFA Matchday atau jeda internasional pada akhir September. Itu artinya keduanya hanya punya waktu 1 bulan untuk membereskan masalah naturalisasi.

Timnas Indonesia akan menjamu Curacao dua kali. Rencananya dua laga itu akan digelar di Stadion International Jakarta dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api.



Simak Video "Iwan Bule Ungkap Alasan KLB PSSI Dipercepat"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/raw)

ADVERTISEMENT