Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Indonesia Bungkam Hong Kong 5-1

ADVERTISEMENT

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Indonesia Bungkam Hong Kong 5-1

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Jumat, 16 Sep 2022 21:59 WIB
Pemain tim U-20 Indonesia Ahmad Maulana Syarif (kanan) berusaha melewati pemain tim U-20 Hongkong Ellison Tsang (kiri) saat pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/9/2022). ANTARA FOTO/Moch Asim/rwa.
Timnas Indonesia U-20 Kalahkan Hong Kong. (Foto: ANTARA FOTO/MOCH ASIM)
Surabaya -

Timnas Indonesia U-20 meraih kemenangan telak atas Hong Kong di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Indonesia menang dengan skor meyakinkan 5-1.

Laga Hong Kong vs Indonesia di laga kedua Grup F digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (16/9/2022) malam WIB. Indonesia sudah unggul 3-0 di babak pertama lewat gol Rabbani Tasnim, Alfriyanto Nico, dan Zanadin Fariz.

Hong Kong menipiskan ketertinggalan di babak kedua lewat Chen Ngo Hi. Indonesia kemudian memantapkan kemenangan lewat dua gol Marselino Ferdinan.

Dengan hasil ini, Indonesia menempel ketat Vietnam di klasemen Grup F. Indonesia mengumpulkan enam poin, sama dengan Vietnam dan dengan selisih gol sama (+8). Indonesia selanjutnya akan menghadapi Vietnam pada Minggu (18/9/2022) malam WIB.

Jalannya Pertandingan

Indonesia langsung menekan sejak menit-menit awal. Peluang didapat Indonesia pada menit ketiga lewat Rahmat Beri Santoso. Dia melepaskan umpan mendatar dari sisi kiri ke depan gawang, tapi tak ada pemain yang menyambut.

Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-10. Dari tendangan bebas di sisi kanan, Zanadin Fariz mengirim bola ke kotak penalti dan dituntaskan oleh Rabbani Tasnim dengan sundulan.

Zanadin memanfaatkan kesalahan pemain belakang Hong Kong dan merebut bola di depan kotak penalti. Zanadin mencoba melepaskan tembakan, tapi diblok pemain Hong Kong.

Gol! Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-22. Alfriyanto Nico melakukan kerja sama satu dua dan menggiring bola ke kotak penalti. Nico kemudian melepaskan tembakan ke arah tiang jauh yang sukses menjebol gawang Hong Kong.

Indonesia nyaris menambah gol pada menit ke-31. Sepakan Nico dihalau pemain Hong Kong di depan gawang.

Umpan Achmad Maulana Syarif dari sisi kanan diteruskan Rabbani dengan sundulan. Bola mengarah ke gawang, tapi masih bisa diamankan kiper Hong Kong.

Indonesia menambah keunggulan pada menit ke-43. Zanadin Fariz melakukan penetrasi dari sisi kiri dan melakukan kerja sama satu-dua dengan Rabbani. Zanadin yang sudah masuk ke kotak penalti kemudian menuntaskan pergerakannya dengan tendangan chip untuk membobol gawang Hong Kong.

Hong Kong lebih berani menyerang di awal babak kedua. Namun upaya mereka lewat tendangan dari sisi kanan masih melambung di atas gawang.

Peluang untuk Indonesia lewat sepakan Rahmat Beri yang menyambut umpan mendatar Nico. Namun bola masih menyamping tipis dari gawang Hong Kong.

Hong Kong mendapat penalti pada menit ke-58 menyusul handball yang dilakukan oleh Ahmad Rusadi. Sementara itu, Cahya Supriyadi harus ditandu keluar lapangan setelah bertabrakan dengan Rahmat Beri Santoso dan dibawa dengan ambulans.

Kiper pengganti Aditya Arya Nugraha mampu membaca arah tendangan Chen Ngo Hin. Namun, bola muntah langsung dimanfaatkan Chen Ngo Hin untuk membobol gawang Indonesia.

Hong Kong mengancam lewat pergerakan Matthew Slattery. Dia melakukan penetrasi hingga ke kotak penalti dan melepaskan tembakan, tapi masih terlalu lemah dan bola diamankan oleh Aditya.

Indonesia nyaris menambah gol pada menit ke-82. Dari tendangan bebas, bola tendangan Marselino Ferdinan ditanduk oleh Achmad Maulana Syarif. Sayang bola membentur tiang gawang.

Gol! Marselino Ferdinan membawaw Indonesia unggul 4-1 pada menit ke-86. Mendapat bola terobosan dari Robi Darwis, Marselino yang bergerak masuk ke kotak penalti di sisi kanan melepaskan tembakan ke arah tiang jauh.

Indonesia mendapat penalti pada menit ke-89. Wasit menunjuk titik putih usai Marselino Ferdinan dijatuhkan Yim Kai Cheuk. Marselino mengeksekusi sendiri tendangan penalti dan sukses menaklukkan kiper Hong Kong dengan sepakan ke pojok bawah gawang.

Susunan Pemain

Indonesia: Cahya Supriyadi; Ahmad Rusadi, Barnabas Sobor, Dia Syayid Alhawari; Zanadin Fariz, Achmad Maulana, Doni Tri Pamungkas, Arsa Ramadan; Alfriyanto Nico, Rabbani Tasnim Siddiq, Rahmat Beri Santoso

Hong Kong: Pong Cheuk Hei, Ryan Lee, Xavier Chang, Ellison Tsang, Tang In Chim, Adriel Chan, Sohgo Ichikawa, Chen Ngo Hin, Osmond Chan, Lee Lok Him, Law Cheuk Hei

(nds/nds)

ADVERTISEMENT