Persija Tak Lawan Dortmund karena Sudah Janjian dengan Klub Korea

ADVERTISEMENT

Persija Tak Lawan Dortmund karena Sudah Janjian dengan Klub Korea

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 19 Sep 2022 17:34 WIB
Thomas Doll resmi memimpin latihan Persija Jakarta. Seperti apa suasana latihan Persija saat dipimpin eks pelatih Borussia Dortmund ini? Lihat yuk.
Pelatih Persija Thomas Doll yang juga pernah menangani Dortmund. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Adanya agenda melawan klub Korea menjadi alasan Persija Jakarta tidak turut serta dalam ajang trofeo melawan Borussia Dortmund yang akan menyambangi Indonesia.

Dortmund akan bermain dalam ajang trofeo bersama Persib Bandung dan Persebaya Surabaya. Rencananya agenda itu akan berlangsung saat Piala Dunia 2022 berlangsung. Klub Bundesliga itu memanfaatkan libur Piala Dunia untuk menggelar tur di Indonesia. Selain Indonesia, mereka juga akan datang ke Singapura dan Vietnam.

Adapun pihak promotor yakni NineSport dalam keterangan sebelumnya mengaku sudah menghubungi Persija. Apalagi Persija kini dilatih Thomas Doll, yang merupakan pelatih Dortmund saat mereka terakhir kali ke Indonesia pada 2007. Hanya saja CEO Nine Sport yakni Arief Putra Wicaksono menyebut Persija tak menanggapi ajakan itu. Pihaknya kemudian memilih Persib dan Persebaya, dengan Persija mengaku sudah terlanjur punya agenda lain.

Kata Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll soal Dortmund

"Saya memang menjalin kontak dengan Dortmund, tapi saya menyerahkan semuanya kepada klub," kata Thomas Doll kepada wartawan.

"Bulan yang lalu (sudah diputuskan) kami bermain melawan tim Korea. Maka tidak mudah kami mencoba untuk membuat turnamen 45 menit (trofeo) melawan Dortmund 45 menit vs tim Korea."

"Tapi itu tidak mungkin. Saya senang 2 tim Indonesia berkesempatan bermain dengan Dortmund karena mereka klub fantastis, punya banyak pemain yang bagus, mungkin pada lain kesempatan untuk kami," ujarnya menambahkan.

Thomas Doll sendiri mengaku sebenarnya akan lebih suka jika menghadapi Dortmund. Ada faktor emosional karena ia merupakan eks pelatih Dortmund menjadi salah satu alasannya.

Hanya saja manajemen Persija Jakarta sudah punya agenda lain. Kabarnya klub Korea yang dimaksud adalah Jeonbuk Hyundai Motors, klub raksasa yang memang pernah diumumkan menjalin kerja sama dengan Persija pada 2017.

"Ini bukan keputusan saya. Saya pikir sebelum pandemi, kami sudah terlanjur bersepakat dengan klub Korea dan mereka juga tim bagus," tutur Thomas Doll.

"Ya tentu saja semua orang senang Dortmund datang, saya ingat 2008 atau 2007 saya ke sini, ya mungkin lain waktu," ucapnya.

(krs/cas)

ADVERTISEMENT