ADVERTISEMENT

Jordy Amat & Sandy Walsh Mungkin Sudah Bisa Main di Piala AFF 2022

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 22 Sep 2022 14:00 WIB
Jordi Amat dan Sandy Walsh
Jordi Amat dan Sandy Walsh mungkin sudah bisa bermain di Piala AFF 2022. (Foto: dok PSSI)
Jakarta -

Harapan Jordi Amat dan Sandy Walsh membela Timnas Indonesia akan segera terwujud. PSSI memperkirakan keduanya sudah bisa main di Piala AFF 2022.

Naturalisasi keduanya baru saja disetujui dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (20/9/2022). Meski belum resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), keduanya sudah semakin dekat membela Timnas Indonesia.

Sebelumnya, persetujuan juga sudah didapatkan kedua pemain keturunan itu dari Komisi III dan Komisi X DPR RI. Karena hal itu pula DPR RI tak menghalang-halangi naturalisasi mereka.

"Sesuai dengan pembahasan Komisi III dan Komisi X memutuskan menyetujui pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh," kata Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus selaku pimpinan rapat.

Tapi persetujuan DPR RI bukan tahapan akhir. Baik Jordi dan Sandy masih harus melewati beberapa tahapan lagi untuk benar-benar sah mendapatkan paspor Indonesia.

Lodewijk mengatakan proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh akan berlanjut ke tahap berikutnya. Selanjutnya Jordi dan Sandy harus menunggu Surat Keputusan Presiden sebelum mengambil sumpah Warga Negara Indonesia di Kantor Wilayah Kemenkumham.

Jika nantinya resmi menjadi WNI, mereka bisa menjadi kepingan terakhir yang dicari Shin Tae-yong. Pelatih Timnas Indonesia itu memang mencari pemain keturunan Indonesia yang punya pengalaman di Eropa.

Keduanya bahkan sudah pernah diajak berlatih bersama Timnas Indonesia pada Mei lalu di Bandung saat persiapan FIFA Match Day melawan Bangladesh. Jika tak ada hambatan, PSSI yakin keduanya sudah bisa tampil di Piala AFF 2022.

"Agenda terdekat yang memungkinkan bagi Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk memperkuat Indonesia adalah Piala AFF 2022 yang akan digelar pada Desember," tulis keterangan PSSI.

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT