Yakob Sayuri: Sang Penambal Asnawi

ADVERTISEMENT

Yakob Sayuri: Sang Penambal Asnawi

Randy Prasatya - Sepakbola
Minggu, 25 Sep 2022 18:30 WIB
Pesepak bola PSM Makassar Yakob Sayuri (kiri) dihadang pesepak bola Kedah Darul Aman Malaysia Khairu Azrin (kanan) saat pertandingan Semifinal zona ASEAN Piala AFC 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (9/8/2022). PSM Makassar berhasil mengalahkan Kedah Darul Aman dengan skor 2-1 dan lolos ke final zona ASEAN Piala AFC 2022. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.
Yakob Sayuri (kiri) dengan kostum PSM Makassar. (Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta -

Yakob Sayuri tampil penuh saat Timnas Indonesia mengalahkan Curacao 3-2. Dia bak penambal Asnawi Mangkualam yang sedang tidak fit.

Indonesia vs Curacao berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. Indonesia tertinggal lebih dulu melalui gol Rangelo Janga di menit ke-7.

Tuan rumah merespon dengan baik dengan balik memimpin lewat gol Marc Klok di menit ke-18 dan Fachruddin Aryanto di menit ke-23. Namun, Curacao bisa menyamakan kedudukan usai Juninho Bacuno membobol gawang Nadeo Argawinata di menit ke-24.

Indonesia memastikan kemenangan berkat torehan dari Dimas Drajad di menit ke-53. Pelatih Shin Tae-yong tak lupa memberikan pujian kepada Yakob Sayuri selepas laga.

Pemain milikPSM Makassar itu dianggap mampu dengan baik bermain di sisi kanan dalam hal menyerang.Yakob Sayuri cuma tidak gereget saat menyerang, berbeda sepertiAsnawi.

Yakob Sayuri adalah pemain asal Papua, yang memiliki kecepatan untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan melalui sayap kanan. Dia merupakan anak kelima dari delapan bersaudara.

Yakob mempunyai saudara kembar bernama Yance Sayuri. Keduanya sama-sama lahir pada 22 September 1997 dan Yakob berstatus kakak dari Yance, yang bermain sebagai bek PSM.

Yakob memulai kiprah dari Persewar Waropen, sebelum bergabung Persemi Mimika, lalu ke Barito Putera dan kini membela PSM Makassar. Sedangkan Yance memulai kiprahnya dari Persemi Mimika sebelum akhirnya lolos trial dan bergabung PSM Makassar pada 2021.

Kehadiran Yance ke kubu Juku Eja juga ada andil Yakob, yang memberikan rekomendasi ke klub. Meski semula ada pertentangan dari pihak pelatih, namun Yance akhirnya tetap bergabung atas keyakinan manajemen.

Performa Yakob musim ini di Liga 1 2022 sangat baik. Dia sudah tampil sembilan kali dengan mengemas empat gol.

Yance juga menjadi andalan dengan tampil delapan kali dalam membantu pertahanan. Kontribusi Yakob dan Yance membantu PSM duduk di posisi kedua klasemen sementara Liga Indonesia dengan 21 poin atau dua angka di belakang Madura United.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)

ADVERTISEMENT