Dear Netizen, Ketum PSSI Janji Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

ADVERTISEMENT

Dear Netizen, Ketum PSSI Janji Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Randy Prasatya - Sepakbola
Minggu, 25 Sep 2022 22:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menjawab pertanyaan detikSport dalam wawancara eksklusif.
PSSI akan perpanjang kontrak Shin Tae-yong. (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Shin Tae-yong tampaknya sudah membuat PSSI puas. Kontrak pelatih asal Korea Selatan itu pun mau diperpanjang.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Curacao 3-2 dalam agenda FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. Hasil ini memperpanjang catatan manis Shin Tae-yong sebagai pelatih di Indonesia.

Dia sebelumnya sudah mampu membawa Timnas Indonesia senior lolos ke Piala Asia 2022. Catatan sip juga kembali diulang beberapa pekan lalu dengan mengantarkan Timnas Indonesia U-20 ke Piala Asia 2023.

Kontrak Shin Tae-yong akan habis setelah berakhirnya Piala Dunia U-20 pada 2023, yang berlangsung di Indonesia. Tapi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku akan memperpanjang kontrak sang pelatih.

"Tapi, saya sebagai Ketua Umum PSSI dan tentu sudah berkoordinasi dengan Exco akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong. Kita juga melihat di mana-mana desakan dari netizen agar STY diperpanjang juga menguat," kata Mochamad Iriawan, yang dikutip dari situs resmi federasi.

"Atas dasar itu, tentu selain melihat performa tim, PSSI akan memperpanjang kontrak yang bersangkutan. Untuk berapa tahun kontrak diperpanjang, kita akan diskusikan lebih lanjut," tegasnya.

Shin Tae-yong mampu membawa Indonesia menang sebanyak 12 kali sebagai juru taktik. Sebanyak lima laga lainnya imbang, dan lima berakhir kekalahan.

Timnas Indonesia sudah mencetak 51 gol di bawah asuhan Shin Tae-yong. Kemenangan terbesar didapat saat mengalahkan Nepal. Pada Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia menang dengan skor akhir 7-0.

Soal rekor kebobolan, gawang Indonesia sudah kemasukan 30 gol. Kekalahan terbesar ditelan dari Vietnam dan Thailand. Indonesia kalah 0-4 dari dua rival berat di Asia Tenggara itu.

(ran/krs)

ADVERTISEMENT