Indonesia Vs Curacao Sepi Penonton? Ini Kata Ketum PSSI

ADVERTISEMENT

Indonesia Vs Curacao Sepi Penonton? Ini Kata Ketum PSSI

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 25 Sep 2022 17:30 WIB
Pesepak bola tim nasional Indonesia Witan Sulaeman (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Tim Nasional Curacao Gevaro Giomar (tengah) pada pertandingan Fifa Match Day di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022). Indonesia menang atas Curacao  dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU
Indonesia Vs Curacao Sepi Penonton? Ini Kata Ketum PSSI (Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Jakarta -

Ketum PSSI Mochamad Iriawan menyebut Curacao kurang dikenal. Makanya laga pertama Timnas Indonesia Vs Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api sepi peminat.

Timnas Indonesia menjamu Curacao pada FIFA Matchday alias jeda internasional, Sabtu (25/9/2022). Selanjutnya Garuda akan menjamu Curacao lagi pada pertemuan kedua, yang juga masih akan digelar di Jawa Barat.

Laga kedua nanti giliran Stadion Pakansari di Kabupaten yang akan menjadi lokasi pertandingannya, Selasa (27/9). Dua venue di Jabar dipilih dengan alasan antusiasme penonton.

Stadion Pakansari sendiri dipilih sebagai lokasi alternatif. Awalnya laga kedua akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS), tapi stadion baru itu dianggap belum memenuhi syarat kelayakan.

Alhasil dua laga melawan Curacao digelar di Jabar yang dinilai beberapa kalangan bermuatan politis. Mochamad Iriawan pun memberikan pandangannya soal laga pertama di GBLA sepi penonton.

"Saya tanya sendiri ke mereka, suporter tidak tahu Curacao dimana. Mereka tidak tahu (Curacao), Bangladesh lebih tahu," kata Iriawan saat memberikan keterangan seusai laga Timnas Indonesia Vs Curacao, dikutip dari detikJabar.

Sebelumnya, keputusan PSSI memindahkan pertandingan kedua dari JIS ke Stadion Pakansari sempat dipertanyakan dalam Rapat Kerja (Raker) di Komisi X DPR RI pada 1 September lalu. Saat itu Iriawan menyebut bahwa JIS memang tak pernah dipertimbangkan PSSI menjadi lokasi laga Timnas Indonesia.

"Di Pakansari. Bukan di JIS, dari awal memang (Pakansari) disiapkan bersama dengan GBLA. Berkaitan dengan animo suporter yang menjadi pertimbangan kami," ujar Iriawan saat itu menjawab pertanyaan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf soal pemindahan lokasi laga dari JIS ke Pakansari.

Adapun JIS sebenarnya memang masih mempunyai beberapa kekurangan untuk menggelar laga internasional. Terutama soal safe and security yang meliputi pintu masuk stadion yang terbatas dan tak tersedianya kantong parkir memadai.

JIS memang tidak didesain untuk menampung banyak kendaraan. Masalahnya transportasi umum belum banyak tersedia buat penonton yang mau datang tanpa kendaraan pribadi.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT