Dendy Sulistyawan, Putra Lamongan si Penentu Kemenangan Indonesia

ADVERTISEMENT

Dendy Sulistyawan, Putra Lamongan si Penentu Kemenangan Indonesia

Randy Prasatya - Sepakbola
Selasa, 27 Sep 2022 23:10 WIB
Dendy Sulistyawan menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Curacao di Pakansari.
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Dendy Sulistyawan menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia atas Curacao. Dia adalah pemain Bhayangkara FC yang dibesarkan oleh Persela Lamongan.

Laga Indonesia vs Curacao dalam ajang FIFA matchday digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Selasa (27/9/2022) malam WIB. Skuad Garuda menang 2-1 dan melanjutkan tren manis setelah pada akhir pekan lalu juga mengalahkan lawan yang sama dengan skor 3-2 di Bandung.

Indonesia sudah membuka keunggulan saat laga baru berjalan tiga menit. Dimas Drajad melanjutkan ketajamannya dengan membobol gawang Curacao, yang memanfaatkan bola rebound.

Anak asuh Shin Tae-yong mampu memimpin 1-0 di babak pertama, namun kecolongan pada awal paruh kedua. Jeremy Antonisse membobol gawang Syahrul Trisna pada menit ke-47 usai menerima umpan terobosan dari Juninho Bacuna ke kotak penalti.

Dendy Sulistyawan, yang masuk di menit ke-66 menggantikan Egy Maulana Vikri, menjadi penentu kemenangan Indonesia. Pemain berusia 25 tahun itu sukses merobek gawang Curacao pada menit ke-87.

Gol Timnas Indonesia tersebut berawal dari aksi individu Witan Sulaeman di kotak penalti dan melepaskan umpan ke depan gawang. Dendy langsung menyambar bola untuk membawa Indonesia menang 2-1.

Karier Dendy Sulistyawan mulai menanjak kala mendapat kepercayaan dari Pelatih Persela untuk tampil dalam turnamen Piala Presiden 2015, yang tergabung di grup B (bermain di Malang). Bersama klub kampung halamannya itu, Dendy kembali berkilau saat ajang Indonesia Soccer Championship A 2016.

Selepas ajang tersebut, Dendy diboyong Bhayangkara FC pada 2017. Namanya kemudian turut dipanggil pelatih Luis Milla saat pertama kali melakoni debut pertandingan sebagai juru taktik Indonesia.

Dendy ada dalam daftar pemain Indonesia vs Myanmar di Pakansari. Namun, dia tidak bermain saat Indonesia kalah dengan skor 1-3.

Nama Dendy kemudian menghilang dari skuad Timnas Indonesia. Dia juga seperti sulit bersaing melawan para pemain asing di lini depan Bhayangkara FC dan harus dipinjamkan ke Persela pada 2018 demi mencari jam terbang.

Dendy Sulistyawan kembali ke Bhayangkara FC pada 2019. Jumlah penampilannya perlahan meningkat dan sampai saat ini menjadi andalan dari The Guardian.

Status sebagai pemain reguler di Bhayangkara FC membuat pelatih Shin Tae-yong memanggil Dendy dalam ajang FIFA Matchday kali ini. Meski dalam dua laga melawan Curacao cuma sebagai pengganti, Dendy setidaknya mampu menambah opsi pilihan Shin Tae-yong yang sedang kesulitan mencari striker.

(ran/krs)

ADVERTISEMENT