Media Malaysia Ini Harapkan Kim Pan-gon Bakal seperti Shin Tae-yong

ADVERTISEMENT

Media Malaysia Ini Harapkan Kim Pan-gon Bakal seperti Shin Tae-yong

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 29 Sep 2022 19:34 WIB
Pelatih Timnas U-19, Shin Tae Yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta -

Kabar PSSI akan menyodori kontrak baru buat Shin Tae-yong ikut dibahas sebuah media Malaysia. Ada jejak STY yang diharap akan diikuti oleh Kim Pan-gon, pelatih timnas Malaysia.

Baru-baru ini Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berjanji akan memberikan tawaran kontrak baru buat Shin Tae-yong. Peluang tersebut menguat setelah Timnas Indonesia besutan STY meraih kemenangan kedua atas Curacao di laga friendly.

Hal itu turut menjadi pembahasan HarimauMalaya.com, media Malaysia yang berbasis suporter. Pertimbangan pertama PSSI ingin memberi kontrak baru tentu adalah pencapaiannya. Tapi ada pula pertimbangan lain.

Disebutkan HarimauMalaya.com bahwa Iriawan, "yang akrab disapa Iwan Bule juga merasa sang pelatih adalah sosok yang mampu menguntungkan pertumbuhan ekonomi."

Hal ini rupanya berkaitan dengan penampilan Shin Tae-yong sebagai bintang iklan di Indonesia. HarimauMalaya.com memandangnya sebagai hal yang amat positif, "dan bisa ditiru oleh Malaysia karena seperti Tae-yong, Kim Pan-gon sang pelatih timnas (Malaysia) juga merupakan sosok yang tidak kalah populer di antara orang Malaysia."

Malaysia resmi menunjuk Kim Pang-gon sebagai pelatih anyar. Pengumuman pengangkatan pria Korea Selatan itu disampaikan Federasi Sepakbola Malaysia (FAM),  Jumat (21/1/2022).Kim Pang-gon, pelatih timnas Malaysia. Foto: dok. FAM

Menurut HarimauMalaya.com, "popularitas yang ia (Kim Pan-gon) punya bisa diubah menjadi sebuah 'aset' oleh Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) sebagaimana yang sudah dilakukan oleh PSSI."

HarimauMalaya.com berpendapat, Kim Pan-gon bukan cuma punya popularitas tapi juga sudah memperlihatkan polesan tangan dinginnya sejak melatih timnas Malaysia pada Januari 2022 lalu.

Sehubungan dengan hal inilah Kim Pan-gon diharapkan HarimauMalaya.com bisa seperti Shin Tae-yong, secara khusus dalam hal potensi perpanjangan kontraknya sebagai pelatih timnas Malaysia.

(krs/nds)

ADVERTISEMENT