Arema FC Dilarang Jadi Tuan Rumah di Sepanjang Sisa Musim

ADVERTISEMENT

Arema FC Dilarang Jadi Tuan Rumah di Sepanjang Sisa Musim

Afif Farhan - Sepakbola
Minggu, 02 Okt 2022 12:29 WIB
Police officers and soldiers stand amid tear gas smoke after clashes between fans during a soccer match at Kanjuruhan Stadium in Malang, East Java, Indonesia, Saturday, Oct. 1, 2022. Panic following police actions left over 100 dead, mostly trampled to death, police said Sunday. (AP Photo/Yudha Prabowo)
Ricuh di Stadion Kanjuruhan (Foto: AP/Yudha Prabowo)
Jakarta -

Imbas dari Tragedi Kanjuruhan, klub Arema FC dilarang jadi tuan rumah di sepanjang sisa musim Liga 1. Itu disampaikan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.

Tragedi Kanjuruhan terjadi setelah laga Derby Jawa Timur, Arema FC kontra Persebaya Surabaya pada lanjutan Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022).

Persebaya menang 3-2 atas Arema. Selanjutnya, para suporter Arema yang tidak senang dengan hasil tim kesayangannya itu menyerbu lapangan.

Kericuhan tidak terelakkan. Suporter dan pihak kepolisian saling serang, berujung tembakan gas air mata.

Situasi makin mencekam, kepanikan tak terhindarkan. Banyak korban yang alami sesak nafas yang berujung meninggal dunia.

Dilansir dari situs resmi PSSI, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan investigasi dan evaluasi segera dilakukan. PSSI akan bekerja dengan kepolisian untuk mengusut tuntas Tragedi Kanjuruhan!

"PSSI menyesalkan tindakan suporter Aremania di Stadion Kanjuruhan. Kami berduka cita dan meminta maaf kepada keluarga korban serta semua pihak atas insiden tersebut. Untuk itu PSSI langsung membentuk tim investigasi dan segera berangkat ke Malang," kata Iriawan.

Iriawan menambahkan bahwa PSSI mendukung pihak kepolisian untuk menyelidiki kasus ini. Apalagi kejadian ini sangat mencoreng wajah sepak bola Indonesia.

Untuk Arema FC, akan dilarang jadi tuan rumah di sepanjang sisa musim Liga 1. Baru 11 pekan Liga 1 di musim ini berjalan, sisa 23 laga lagi

"Untuk sementara kompetisi Liga 1 2022/2023 kami hentikan selama satu pekan. Selain itu tim Arema FC dilarang menjadi tuan rumah selama sisa kompetisi musim ini," tukasnya.

Selain itu, Komdis PSSI juga akan berikan hukuman berat jika nanti hasil investigasi sudah keluar. Baca selengkapnya di sini.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT