Tragedi Kanjuruhan: Ada Bendera Indonesia dan Pita Hitam di LaLiga

ADVERTISEMENT

Tragedi Kanjuruhan: Ada Bendera Indonesia dan Pita Hitam di LaLiga

Lucas Aditya - Sepakbola
Minggu, 02 Okt 2022 19:28 WIB
Pesepak bola Arema FC Arkhan Fikri (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persebaya Surabaya Muhammad Alwi Slamat (kanan) dalam pertandingan lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.
Tragedi Kanjuruhan, ada bendera Indonesia berpita hitam di LaLiga. (Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)
Jakarta -

LaLiga memberikan perhatian khusus pada Tragedi Kanjuruhan. Ada bendera Indonesia, Merah-Putih, dihiasi pita hitam di keterangan skor saat siaran langsung.

Hal itu yang tampak dari pantauan detikSport dalam pertandingan Espanyol melawan Valencia, Minggu (2/10/2022). Laga-laga Liga Spanyol juga melakukan mengheningkan cipta sebelum laga atas tragedi meninggalnya 174 orang di stadion Kanjuruhan.

Lanjutan Liga 1 itu mempertemukan Arema FC dengan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10). Dalam pertandingan yang kickoff pada pukul 20.00 WIB itu, Singo Edan tumbang 2-3 dari Bajul Ijo.

"Laliga dan RFEF telah menyepakati untuk mengheningkan cipta selama satu menit untuk menunjukkan belasungkawa kepada masyarakat Indonesia, terutama kerabat mereka yang meninggal dalam tragedi Stadion Kanjuruhan, di pulau Jawa, serta mendoakan agar mereka yang terluka cepat sembuh," tulis keterangan LaLiga.

"Mengheningkan cipta akan dilakukan di semua pertandingan yang masih akan dimainkan pada matchday 7 LaLiga dan matchday 8 LaLiga," tambahnya.

Presiden RI Joko Widodo sudah mengungkap pernyataan mengenai tragedi Kanjuruhan. Evaluasi menyeluruh diminta untuk dilakukan, Liga 1 juga diminta untuk dihentikan sementara.

Ada bendera Indonesia berpita hitam di laga-laga LaLiga.Ada bendera Indonesia berpita hitam di laga-laga LaLiga. Foto: dok.Internet

"Saya juga telah memerintahkan kepada Menpora, Kapolri, dan Ketua umum PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepakbola dan juga prosedur pengamanan penyelenggaraannya," kata Jokowi.

"Khusus kepada Kapolri, saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," kata dia menambahkan.



Simak Video "Tangis Presiden Arema soal Tragedi Kanjuruhan: Saya Siap Tanggung Jawab"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)

ADVERTISEMENT