ADVERTISEMENT

Reaksi Guardiola dan Erik ten Hag Lihat Tragedi Kanjuruhan

Randy Prasatya - Sepakbola
Senin, 03 Okt 2022 18:13 WIB
Jakarta -

Pep Guardiola dan Erik ten Hag sudah memberikan komentarnya terkait tragedi Kanjuruhan. Begini kata juru taktik Manchester City dan Manchester United tersebut.

Liga Inggris ikut berkabung akibat tewasnya ratusan suporter di Kanjuruhan. Para pemain Man City dan Man United kemudian memakai ban hitam di lengan dalam laga derby Manchester di Etihad Stadium, Minggu (2/10/2022) malam WIB.

Guardiola sangat sedih dengan apa yang terjadi di Malang. Dia menyebut dunia seperti sudah gila, terlebih perang antara Ukraina dengan Rusia sampai seperti tidak ada lagi sehingga kejadian di Indonesia bisa menjadi konsumsi dunia.

"Sangat menyedihkan, sungguh menyedihkan. Dunia sudah gila. Apa yang terjadi di sini, dekat, dalam dua-tiga jam. Sepertinya Ukraina sudah tidak ada lagi, Rusia sudah tidak ada," ujar Guardiola dikutip dari Reuters.

"Anda harus pergi ke Indonesia, sangat disayangkan apa yang terjadi di Indonesia. Turut berduka dan doa terbaik untuk keluarga di Indonesia yang terdampak dan semuanya," sambung pelatih asal Spanyol itu.

Ratusan nyawa melayang pascalaga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam WIB. Selepas kemenangan Bajul Ijo 3-2, suporter Arema FC masuk ke lapangan.

Dari kabar yang beredar, semula suporter cuma berniat memberikan dukungan kepada para pemain. Semula suasana di dalam kondusif, namun secara perlahan semakin banyak suporter Arema FC yang masuk ke lapangan.

Pihak aparat gabungan kemudian berusaha memukul mundur suporter. Eskalasi suporter di lapangan tak terhindarkan, aparat kemudian melepaskan gas air mata, yang membuat suasana mencekam karena juga ditembakkan ke arah tribune.

Hal tersebut membuat puluhan ribu suporter berusaha keras mencari pintu keluar. Keterbatasan pintu yang terbuka membuat suporter tertumpuk sampai ada yang terinjak-injak dan kehabisan oksigen.

"Saya telah melihatnya. Ini benar-benar bencana. Kami sedih tentang itu. Perhatian kami bersama semua orang dan keluarga dan orang-orang dari Indonesia," kata Ten Hag selaku manajer Man United.

(ran/aff)

ADVERTISEMENT