Kualifikasi Piala Asia U-17: Kok Bisa Malaysia Habisi Indonesia 5-1?

ADVERTISEMENT

Kualifikasi Piala Asia U-17: Kok Bisa Malaysia Habisi Indonesia 5-1?

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 10 Okt 2022 16:17 WIB
Indonesia takluk 1-5 dari Malaysia dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Kekalahan ini membuat kans lolos ke putaran final menjadi amat kecil.
9Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Timnas Indonesia U-17 dibantai Malaysia 1-5 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, sampai gagal lolos putaran final. Kok, bisa Garuda Asia kena hajar?

Indonesia dipermalukan Malaysia 1-5 di laga terakhir Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (9/10/2022). Kekalahan itu membuat tim asuhan Bima Sakti gagal ke putaran final.

Menghadapi Malaysia, Indonesia keteteran sejak awal. Bagaimana tidak, lima gol langsung bersang ke gawang tuan rumah di babak pertama.

Zainurhakimi Zain membuka keunggulan Malaysia di menit ke-17, disusul gol dari Aramy Wafiy (20), Anjasmirza Saharudin (23'), Afiq Danish (26'), sebelum Arami menggandakan catatannya di menit ke-38.

Sementara Timnas Indonesia U-17 baru bisa membalas jelang laga tuntas. Arkhan Kaka Putra Purwanto mencetak gol di masa injury time, dan memastikan kekalahan 1-5 Indonesia.

Bima Sakti, pelatih Timnas Indonesia U-17, mengungkap bagaimana sulitnya menghadapi Malaysia. Ia menyebut Harimau Muda bisa mengeksploitasi permainan anak asuhnya.

"Sisi bek kanan kita dieksploitasi oleh Malaysia. Sudah mencoba strategi, sampai babak pertama habis masih diserang dari sisi itu," kata Bima Sakti, usai laga.

"Kita sudah arahkan pemain. Mereka jarang turun, terutama yang no.7 (Arami Wafiy). Kami sudah analisis, dia tugasnya 60 menit menyerang, 40 menit bertahan. Itu yang agak menyulitkan kami, dan tadi koordinasi di tengah agak sedikit terbuka."

"Mereka main terbuka ke kanan ke kiri. Mereka membaca bek kita sering naik juga, jadi banyak kosong, karena full back kami aktif juga. Babak kedua, kami melakukan perubahan, pake 3-5-2 tapi enggak jalan, jadi kembali lagi ke 3-3-4," katanya.

Kekalahan dari Malaysia menjadi hasil antiklimaks Garuda Asia. Sebab, Arkhan Kaka dkk sempat menang 14-0 atas Guam, 3-2 dari Uni Emirat Arab, dan 2-0 atas Palestina. Timnas Indonesia U-17 akhirnya cuma menjadi runner up Grup B dengan 9 poin, lalu gagal bersaing dengan runner up grup lain untuk lolos ke putaran final.

(yna/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT