PT LIB Mau Lanjutkan Liga 1 di Desember, Akankah Terlaksana?

ADVERTISEMENT

PT LIB Mau Lanjutkan Liga 1 di Desember, Akankah Terlaksana?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 18 Nov 2022 18:15 WIB
Menpora, PT LIB
Foto: Muhammad Robbani/detikSport
Jakarta -

Lanjutan Liga 1 2022 belum bisa dipastikan jalan 2 Desember. Menpora Zainudin Amali menyebut bahwa kepastian akan didapat lewat Rapat Koordinasi.

Terkini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru saja menggelar audiensi dengan Kemenpora, Jumat (18/11/2022). Tujuan utamanya bukan membicarakan lanjutan Liga 1, tetapi lebih kepada perkenalan direksi dan komisaris PT LIB yang baru terpilih dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa, Selasa (15/11).

Dalam kesempatan ini belum berbicara mengenai detail teknis mengenai kelanjutan kompetisi. Akan ada pertemuan lanjutan khusus untuk masalah ini.

"Kami belum pastikan tanggal berapa (Liga 1 lanjut). Kalau sudah mau mulai kompetisi, kami pasti akan lakukan rapat koordinasi, saya akan undang kepolisian, (Kementerian) Kesehatan, Satgas COVID-19, Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri, dan lainnya yang terkait," kata Amali saat memberikan keterangan.

"Jadi dari situ, bisa tahu kapan tanggalnya, kalau sekarang belum. Tentu opsi-opsi ada, tetapi kami belum bisa sampaikan sekarang karena menunggu rapat koordinasi. Jadi kalau ada rapat itu, baru diputuskan seperti apa. Tadi PT LIB sudah menyampaikan opsi, tetapi belum bisa kami publish," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, PT LIB sempat membuat tiga timeline kelanjutan Liga 1 pada 18 November, 25 November, serta 2 Desember. Sedangkan pada RUPS Luar Biasa Ferry Paulus selaku Direktur Utama baru PT LIB menyebut bahwa 2 Desember adalah tanggal paling realistis untuk melanjutkan kompetisi.

Namun hingga saat ini belum ada kepastian izin dari kepolisian selaku pemilik wewenang. Banyak evaluasi yang harus dilakukan stakeholder sepakbola untuk memastikan penyelenggaraan pertandingan benar-benar aman.

Adapun Liga 1 terakhir kali digelar pada 1 Oktober lalu yang mempertemukan Arema FC Vs Persebaya Surabaya. Pertandingan itu meninggalkan duka dengan tewasnya 135 orang dalam peristiwa yang dikenal sebagai Tragedi Kanjuruhan.

(aff/mrp)

ADVERTISEMENT