Liga 1 Mungkin Jalan Bareng Piala AFF, PSSI Belum Pikirkan Pembatasan Pemain

ADVERTISEMENT

Liga 1 Mungkin Jalan Bareng Piala AFF, PSSI Belum Pikirkan Pembatasan Pemain

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 19 Nov 2022 05:00 WIB
Logo Liga 1
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Liga 1 2022 kemungkinan akan berjalan beriringan dengan gelaran Piala AFF 2022. PSSI belum memikirkan potensi penerapan aturan pembatasan pemain per klub.

Kompetisi rencananya akan digulirkan lagi pada Bulan Desember sebagaimana diutarakan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Operator kompetisi juga mau Liga 1 tetap berakhir pada April 2023 sehingga opsi berjalan bareng Piala AFF mau tak mau akan dipilih.

Kondisi ini sudah pernah terjadi pada berbagai gelaran Piala AFF, misalnya pada edisi 2016. Saat itu PSSI melakukan pembatasan pemanggilan pemain, yakni klub berhak melepas maksimal dua pemain saja ke Timnas Indonesia.

Situasi itu sepertinya bakal terulang dalam Piala AFF mendatang. Tapi sejauh ini PSSI belum memikirkan akan menerapkan regulasi serupa andai Liga 1 berjalan bareng Piala AFF.

"Harus ada komitmen. Perihal jumlah pemain atau batasan maksimal pengiriman pemain akan dibicarakan lagi," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan kepada wartawan, Jumat (18/11/2022).

"Yang jelas, mereka sudah diberi tahu jikalau perhelatan Piala AFF akan berjalan pada Desember hingga Januari," ujarnya menambahkan.

Adapun alasan PT LIB mau Liga 1 harus beres tepat waktu tak lepas dari gelaran Piala Dunia U-20 2023. Turnamen usia muda yang akan digelar di Indonesia itu akan digelar mulai Mei 2023.

Selain itu, kompetisi juga diharapkan sudah beres pada libur lebaran 2023. Berdasarkan jadwal, idul fitri 2023 akan jatuh pada 21 April 2023.

"Jadi, kemungkinan besar liga tetap jalan saat Piala AFF. Kedua agenda ini berbenturan, tetapi tidak akan terbentur dengan FIFA Matchday dan Piala Dunia," tutur Endri Erawan.

(nds/ran)

ADVERTISEMENT