Liga 1 Tak Jadi Main di Tengah Gelaran Piala AFF 2022?

ADVERTISEMENT

Liga 1 Tak Jadi Main di Tengah Gelaran Piala AFF 2022?

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 25 Nov 2022 16:21 WIB
Logo Liga 1
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberi indikasi batalnya rencana Liga 1 2022 akan tetap berjalan pada saat gelaran Piala AFF 2022 berlangsung. Kompetisi rencananya lanjut mulai 2 Desember, lalu rehat saat Piala AFF.

Sebelumnya PT LIB memastikan kalau lanjutan Liga 1 akan tetap jalan saat gelaran Piala AFF. Sebab operator kompetisi mau Liga 1 sudah beres sesuai rencana yakni pada April 2023.

Terbaru, PT LIB membuka peluang untuk mengistirahatkan liga saat Timnas Indonesia bertanding di Piala AFF. Kejuaraan regional Asia Tenggara itu akan digelar mulai 20 Desember, sedangkan laga pertama Timnas Indonesia jatuh pada 23 Desember.

Rencananya, putaran pertama Liga 1 akan diakhiri sebelum 23 Desember. Dengan begitu jadwal kompetisi akan sangat padat mengingat masih ada 8-9 pekan yang belum dimainkan para peserta untuk mengakhiri putaran pertama.

Lalu saat Piala AFF beres pada Januari 2023, kompetisi Liga 1 lanjut ke putaran kedua. Tersisa tiga bulan untuk menghabiskan kompetisi yang dijadwalkan beres pada April 2023.

"Sebelum Piala AFF kita (Liga 1) sudah istirahat. AFF itu kan tanggal 23 (Desember), memang planning jadwal kami sampai sebelum tanggal 23," kata Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus kepada wartawan.

"Tapi besok kami lihat hasil rakor nanti itu seperti apa. Karena memang kami buat sistem bubble ini juga berpikir bagaimana timnas ini betul-betul bisa lebih leluasa," ujarnya menambahkan.

"Meskipun kami belum mendapatkan tanggal yang pas, tetapi yang pasti Januari di awal-awal atau di pertengahan (kick-off putaran kedua)," tutur Ferry Paulus.

Kepastian lanjutan Liga 1 akan segera menemui titik terang. Rapat Koordinasi (Rakor) rencananya akan dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Senin (28/11).

Akan hadir juga beberapa instansi di antaranya dari beberapa kementerian terkait, serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Polri. Gelaran Rakor ini diyakini akan berbuah keputusan Liga 1 bakal lanjut lagi.

PT LIB menargetkan Liga 1 bisa jalan lagi pada 2 Desember mendatang, sesuai timeline yang sudah mereka susun sebelumnya. Sebab, kompetisi dijadwalkan selesai pada April 2023 sebelum Piala Dunia U-20 bergulir.

Lanjutan Liga 1 2022 kemungkinan akan digelar sementara dengan sistem bubble. Sebab format home-away sebagaimana sebelumnya dirasa belum memungkinkan.

Selain itu, operator kompetisi juga sedang mempertimbangkan Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai lokasinya. Venue-venue dari dua provinsi yang akan digunakan sedikit berbeda dengan komposisi pada sentralisasi Liga 1 2021. Format bubble alias sentralisasi rencananya hanya akan berlangsung singkat dan setelah itu laga-laga kembali ke format home-away.

(krs/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT