Kalau Digelar Desember, Liga Tetap Jalan meski Ada Piala AFF

ADVERTISEMENT

Kalau Digelar Desember, Liga Tetap Jalan meski Ada Piala AFF

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 16 Nov 2022 19:30 WIB
Indonesia players huddle during the AFF Suzuki Cup 2020 final first leg soccer match between Indonesia and Thailand in Singapore, Wednesday, Dec. 29, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Jakarta -

Liga 1 Indonesia berpotensi digelar lagi pada Desember 2022. Kompetisi pun tak akan rehat meski ada Piala AFF.

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah bergulir. Ferry Paulus didapuk sebagai direktur utama menggantikan Akhmad Hadian Lukita.

Dalam konferensi pers selepas RUPS di Hotel Sultan, Selasa (15/11/2022) sore WIB, Ferry ditanya terkait nasib kelanjutan kompetisi. Dia menilai kompetisi paling realistis digelar lagi pada awal Desember.

"Paling realistis dimulai kembali tanggal 2 Desember. Mulai besok (hari ini) akan ada proses pengajuan perizinan dan beberapa hari ke depan mungkin ada perkembangan," ujar Ferry.

Jika kompetisi bergulir lagi, Ferry menyampaikan bahwa klub-klub mau digelar home & away. Di sisi lain, Juni Rachman selaku komisaris PT LIB tak keberatan, namun fase istirahat pemain sangat pendek dan kompetisi juga tetap harus jalan meski Timnas Indonesia main di Piala AFF mulai tengah Desember 2022.

"Skemanya kalau 2 Desember mulai, liga bisa selesai 16 April kalau Home away. Tapi recovery Day mungkin cuma empat sampai lima hari. AFF kami tetap bergulir karena tidak masuk kalender FIFA," kata Juni.

Sebelum kompetisi terhenti buntut Tragedi Kanjuruhan, PT LIB dengan jajaran direksi sebelumnya sudah menjadwalkan libur saat ada Piala AFF. Hal tersebut terpaksa tak bisa terwujud karena durasi waktu menjadi singkat karena Indonesia nantinya menggelar Piala Dunia U-20 pada Mei 2023.

Di saat liga harus jalan, akan ada potensi Shin Tae-yong keterbatasan untuk memilih pemain. Situasi tersebut sejatinya sudah pernah menimpa Timnas Indonesia.

(ran/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT