PT LIB Yakin Lanjutan Liga 1 Tak Molor, Tetap Kick Off Desember

ADVERTISEMENT

PT LIB Yakin Lanjutan Liga 1 Tak Molor, Tetap Kick Off Desember

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 29 Nov 2022 23:10 WIB
Logo Liga 1
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

Lanjutan Liga 1 2022 batal digelar mulai 2 Desember. PT Liga Indonesia Baru (LIB) masih yakin kompetisi tak akan molor dan lanjut Bulan Desember nanti.

Liga 1 tak bisa digelar karena dua venue yakni Stadion Moch Soebroto dan Stadion Sultan Agung belum diverifikasi. Selain itu, Peraturan Kepolisian (Perpol) No 10 Tahun 2022 juga masih ditelaah apakah akan bisa diterapkan dengan baik.

Perpol terbaru ini menjadi standarisasi baru pengamanan dan penyelenggaraan sepakbola. Pasca Evaluasi total penyelenggaraan sepakbola memang menjadi fokus utama pasca Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu.

Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) antara Polri, PSSI, PT LIB, Selasa (29/11/2022), disepakati lanjutan Liga 1 belum bisa lanjut pada 2 Desember. Dengan begitu, kompetisi dipastikan akan semakin padat dengan kondisi target harus beres pada April 2023.

"Banyak hal yang kami bicarakan, termasuk LIB sudah merancang jadwal awal sesuai dengan jadwal yang lalu yang pernah kami sampaikan kepada teman-teman semua. Namun harus ada pengujian kembali kaitannya dengan survei," kata Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus.

"Kemudian kami juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat (Jawa Tengah & Yogyakarta), itu yang harus kami lalui. Jika itu sudah maka baru akan ada kepastian kapan kick off," ujarnya menambahkan.

Sementara itu Ferry Paulus optismistis pihaknya masih bisa mengejar kekurangan-kekurangan agar penundaan lanjutan Liga 1 tak berlarut-larut. Targetnya Liga 1 akan kick off tak jauh-jauh dari 2 Desember.

Sumber keyakinan Ferry Paulus tak terlepas dari sambutan positif dari Polri. Ia sepakat kompetisi memang harus mematuhi peraturan ketat agar Tragedi Kanjuruhan tak pernah terulang.

"Yang pasti, deadline sampai berbenturan dengan timnas sudah sudah menjadi acuan. Jadi agak ketat saja nanti (kompetisinya). 2022 sangat dimungkinkan kick off," tutur Ferry Paulus.

"LIB optimistis, (lanjutan Liga 1) bisa mulai tahun ini, tinggal kick offnya kapan akan dimulai yang akan ditentukan. Jika melihat tahapan dan sambutan kepolisian, rasanya akan memungkinkan kickoff di tahun ini," ucapnya.

Lanjutan Liga 1 akan digelar dengan sistem bubble sampai akhir putaran pertama. Empat venue sudah ditunjuk untuk sistem bubble Liga 1 yakni Stadion Moch Soebroto, Stadion Jatidiri, Stadion Maguwoharjo, dan Stadion Sultan Agung.

(aff/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT