Shin Tae-yong Pahami Klub Elkan Baggott Tak Mau Melepas

ADVERTISEMENT

Shin Tae-yong Pahami Klub Elkan Baggott Tak Mau Melepas

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 01 Des 2022 21:20 WIB
Elkan Baggott
Shin Tae-yong pahami sikap Gillingham enggan lepas Elkan Baggott ke Piala AFF 2022 (Foto: Dok. PSSI)
Jakarta -

Elkan Baggott baru akan dilepas ke Piala AFF 2022 jika Timnas Indonesia lolos ke semifinal. Pelatih Garuda Shin Tae-yong memahami sikap klub pemilik bek jangkung.

Sebelumnya Shin Tae-yong menyempatkan diri datang ke Inggris untuk bernegosiasi dengan klub Elkan Baggott. Saat ini Elkan Baggott sedang dipinjam Gillingham dari Ipswich Town.

Tapi usaha Shin Tae-yong ke Inggris nampaknya tak membuahkan hasil. Pihak klub enggan melepas pemainnya di luar agenda FIFA karena masih sibuk dengan kompetisi domestik di Inggris.

"Saya sempat ke Inggris dan bertemu dengan Elkan Baggott. Memang ada perjanjian dengan klubnya. Jadi, Elkan Baggott belum mendapatkan izin untuk bermain dengan timnas Indonesia di babak penyisihan," kata Shin Tae-yong, dalam pernyataannya yang dirilis PSSI.

Elkan Baggott dipastikan akan absen saat Timnas Indonesia melakoni babak fase grup. Garuda masuk Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei.

Fase grup Piala AFF akan kembali menggunakan format home-away dengan sistem single round-robin. Dengan begitu setiap tim akan memainkan dua laga kandang dan dua laga tandang.

Timnas Indonesia dijadwalkan menjamu Kamboja pada laga perdana pada 20 Desember, lalu dijamu Brunei pada 26 Desember. Kemudian laga ketiga menjamu Thailand pada 29 Desember, dan terakhir bertandang ke markas Filipina pada 2 Januari 2023.

Untuk laga kandang Timnas Indonesia, PSSI kabarnya akan memilih Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta. Saat ini federasi juga sedang merumuskan skema kehadiran penonton ke stadion untuk laga Timnas Indonesia di Piala AFF.

Hanya juara grup dan runner-up yang akan melaju ke semifinal. Adapun babak semifinal kembali akan digelar dengan sistem home-away pada 6/7 Januari dan 9/10 Januari 2023.

Di babak semifinal itu lah Elkan Baggott baru akan dilepas sebagaimana dikabarkan sebelumnya. Shin Tae-yong pun mengonfirmasi hal itu.

"Kemungkinan (Elkan Baggott) baru bisa main di semifinal dan final," tutur Shin Tae-yong.



Simak Video "Jokowi Usai Tonton Indonesia Diimbangi Vietnam: Masih Ada Leg 2"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT