Rooney Takkan Jadi Gelandang di Bawah Asuhan Mourinho

Lucas Aditya - Sepakbola
Selasa, 05 Jul 2016 20:10 WIB
Foto: Kai Pfaffenbach / Reuters
Manchester - Wayne Rooney yang menua, diplot menjadi gelandang baik di Manchester United atau timnas Inggris. Di bawah asuhan Jose Mourinho, dia takkan menjadi midfielder.

Sejak pulih dari cedera lutut pada bulan April lalu, Rooney tak lagi dipasang menjadi striker oleh manajer MU saat itu Louis van Gaal. Meneer Belanda itu mendapuk Marcus Rashford menjadi striker utama 'Setan Merah'.

Setali tiga uang di Inggris. Dia dinilai kalah tajam dari Harry Kane, Jamie Vardy, dan Daniel Sturridge hingga cuma menjadi gelandang.

Rooney pun minim kontribusi gol di Piala Eropa dengan hanya mencatatakan satu gol.

Mengenai Rooney, manajer baru MU, Mourinho, sudah membuat keputusan. Dia jelas takkan dimainkan di posisi nomor enam alias menjadi gelandang.

"Saya pikir ada banyak pekerjaan dalam sepakbola. Yang paling sulit adalah untuk menemukan satu yang bisa mencetak gol," kata Mourinho di Soccerway.

"Wajar kalau seiring bertambahnya usia, seorang pemain sedikit berubah. Karakteristik pemain berubah selama bertahun-tahun. Tapi, satu hal yang takkan berubah adalah nafsu untuk memasukkan bola ke gawang."

"Dia takkan menjadi nomor sembilan lagi. Tapi buat saya, dia tak akan pernah menjadi nomor enam. Dia takkan pernah berada lebih jauh 50 meter dari gawang lawan. Ya, dia mempunyai operan yang luar biasa, tapi ada banyak pemain dengan operan luar biasa. Operan saya juga luar biasa kalau tidak ditekan lawan."

"Dia akan menjadi nomor sembilan, nomor 10, mungkin 9,5. Tapi, tidak nomor enam atau bahkan nomor delapan," kata Mourinho.

(cas/cas)