Liverpool Tak Butuh Pengganti Coutinho

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 31 Jul 2018 15:49 WIB
Philippe Coutinho pergi dari Liverpool Januari lalu (Catherine Ivill/Getty Images)
Liverpool - Manajer Liverpool Juergen Klopp menegaskan dirinya tak butuh pemain pengganti Philippe Coutinho. Sebab Coutinho takkan bisa digantikan siapapun.

Liverpool akhirnya melepas Coutinho ke Barcelona dengan banderol 146 juta pound sterling Januari lalu. Itu setelah melalui saga transfer yang berlarut-larut selama setahun terakhir.

Kepergian Coutinho tadinya dikhawatirkan akan melemahkan Liverpool mengingat dia adalah sosok penting dalam pernainan tim tersebut. Tapi, The Reds tetap bisa melaju ke final Liga Champions meski kalah dari Real Madrid dan finis empat besar lagi.






Ketajaman Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino menutupi lubang besar yang ditinggalkan Coutinho. Maka dari itu, fans pun merasa Liverpool tetap harus mendatangkan pemain yang bisa menggantikan posisi Coutinho.

Nabil Fekir awalnya diharapkan bisa mengisi peran Coutinho, tapi kesepakatan dengan Lyon akhirnya dibatalkan karena riwayat cedera si pemain. Alhasil, Liverpool pun masih sulit mencari pemain nomor 10 di sisa bursa transfer musim panas ini.

Terkait hal tersebut, Klopp tak mau ambil pusing karena saat ini skuatnya pun sudah mumpuni dengan kedatangan Naby Keita, Fabinho, Xherdan Shaqiri, dan Alisson Becker. Coutinho diakui sulit mencari penggantinya.

"Anda tidak bisa menggannti Phil Coutinho dengan pemain yang sama persis," ujar Klopp di Sky Sports.

"Dia itu Phil Coutinho. Dia punya gaya main berbeda, pemain luar biasa secara taktik, bisa main sebagai winger, nomor 10, dan nomor 98 - sangat hebat," sambungnya.





"Saya tidak ingin menempatkan pemain saya di posisi tertentu hanya karena orang bilang 'dia adalah pengganti Phil'."

"Saya rasa hal terpenting yang kami lakukan di paruh kedua musim lalu adalah tidak banyak bicara soal Phil. Sempat tidak jelas memang di Januari. Lalu, bagaimana kami bisa tahu dia akan pindah?"

"Kami tidak butuh pengganti Phil. Kami harus membuat skuat baru musim depan. Para pemain yang ada tidak mampu menggantikan Phil Coutinho. Tidak ada. Tapi ada banyak pemain bagus di sana dan kami membeli beberapa," tutupnya.


(mrp/nds)