DetikSepakbola
Kamis 15 November 2018, 18:08 WIB

Kisah Kante Tolak Akali Pajak Pendapatan

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Kisah Kante Tolak Akali Pajak Pendapatan N'Golo Kante menolak pembayaran gaji di luar negeri untuk akali pajak. (Foto: Shaun Botterill/Getty Images)
Jakarta - N'Golo Kante menolak sebuah skema untuk mengakali pajak pendapatannya. Gelandang Chelsea ini cuma mau cara yang normal-normal saja.

Kisah tersebut muncul dari sebuah laporan Football Leaks. Mulanya Kante yang sedang di ambang kepindahan dari Leicester City ke Chelsea mendapatkan kesempatan untuk memecah gajinya untuk mengelabui pajak.




Perusahaan bernama NK Promotions yang terdaftar di Jersey, sebuah wilayah independen di barat Prancis, menawarkan untuk membayarkan 10% gaji Kante di luar Inggris untuk menghindari pajak. Tak jelas apakah perusahaan itu disiapkan koneksi Kante atau Chelsea.

Awalnya pengacara Kante mengindikasikan bahwa kliennya akan menerima skema itu. Tapi kemudian gelandang Chelsea itu menegaskan lewat penasihat pajaknya bahwa dia menolak segala bentuk pembayaran gaji di luar negeri.

"N'Golo itu kaku, dia cuma mau gaji normal saja. Setelah membaca sejumlah artikel di media tentang hak citra dan penyelidikan pajak terhadap sejumlah pemain dan klub, N'Golo semakin khawatir bahwa skema yang ditawarkan kepadanya bisa dipertanyakan oleh otoritas pajak," ungkap penasihat pajak Kante pada Mei 2017 dalam email ke eksekutif Chelsea.




"N'Golo memutuskan dia tak mau mengambil resiko apapun," demikian pernyataan dalam surat elektronik tersebut seperti dilansir Fox Sport.

Kante sendiri dikenal sebagai sosok yang tak neko-neko dan juga sederhana. Bahkan sampai 2017 lalu, ketika sudah memenangi Premier League bersama Leicester, Kante terlihat masih mengendari mobil mini cooper yang relatif sederhana untuk seorang pesepakbola top Eropa.

Soal Kante menolak mengakali pajak itu, rekan setimnya di tim nasional Prancis Blaise Matuidi sudah tak heran lagi. Matuidi mengungkapkan pemain 27 tahun itu memang bukan tipe orang yang nakal.




"Saya tak terkejut. Dia cuma menjadi seorang N'Golo biasanya. Semuanya sempurna, dia bukan seseorang yang curang, ya kecuali sedikit di permainan kartu," selorohnya.
(raw/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed