sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 18 Jun 2020 00:00 WIB

Pep Kasih Jempol buat Raheem Sterling dan Marcus Rashford

Kris Fathoni W - detikSport
SOUTHAMPTON, ENGLAND - SEPTEMBER 09: Harry Maguire, Marcus Rashford and Raheem Sterling of England arrives ahead of an England training session at St. Marys Stadium on September 09, 2019 in Southampton, England. (Photo by Julian Finney/Getty Images) Raheem Sterling dan Marcus Rashford dipuji Pep Guardiola. (Foto: Getty Images/Julian Finney)
Manchester -

Manajer Manchester City Pep Guardiola menyanjung pemainnya, Raheem Sterling, dan Marcus Rashford yang bermain di Manchester United. Pep sekaligus membela keduanya dari kritikan.

Pujian dari Guardiola ini tak lepas dari aksi sosial di luar lapangan yang giat dilakukan oleh kedua pesepakbola tersebut, khususnya dalam beberapa waktu terakhir.

Rashford sebelumnya berhasil meyakinkan pemerintah Britania Raya untuk melanjutkan pemberian kupon makan gratis senilai 15 paun per anak atau Rp 266 ribu. Kupon itu ditujukan untuk 1,3 juta anak-anak kurang mampu di Inggris selama musim panas.

Sementara itu Sterling, rekan Sterling di timnas Inggris, vokal menyuarakan dukungan terhadap aksi antirasisme yang menyebar di Amerika Serikat dan Eropa menyusul tewasnya seorang pria berkulit hitam, George Floyd, di tangan polisi AS.

Rashford dan Sterling banyak diapresiasi atas tindakan tersebut. Di sisi lain, ada pula yang mencibir karena menganggap pesepakbola harusnya fokus pada dunianya saja dan tak perlu mengurusi hal lain. Guardiola pun angkat bicara.

"Mungkin orang-orang bodoh ini tak percaya bahwa pesepakbola juga manusia. Kami juga bisa punya pendapat, sama halnya seperti seorang perawat, dokter, atau bahkan politikus. Kami juga manusia sehingga kenapa tak boleh berpendapat ketika percaya bisa membuat lingkungan jadi lebih baik?" kata Guardiola seperti dilansir Guardian.

"Apa yang sudah berulangkali dilakukan Raheem Sterling (terkait antirasisme), juga dari pemain lain di klub kami, bahkan dari Marcus Rashford atau pemain lainnya, tentu saja mereka harus menggunakan platform yang ada untuk membuat lingkungan jadi lebih baik."

"Mereka tak perlu uang lebih banyak, mereka beruntung cukup memilikinya, jadi mereka melakukannya untuk menghadirkan tempat berkehidupan yang lebih baik buat keluarga, anak-anak, untuk generasi berikutnya. Saya amat mengagumi sikap-sikap semacam ini karena mereka melakukannya buat kita semua."



Simak Video "Guardiola Tertarik Melatih Timnas Brasil"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com