sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 11 Agu 2020 22:05 WIB

Ini yang Bikin Klopp Mirip dengan Sir Alex

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - JULY 22: Jurgen Klopp, Manger of Liverpool puts on his winners medal after being presented by Richard Masters, Chief Executive of the Premier League and Liverpool legend Sir Kenny Dalglish during the Presentation ceremony of  the Premier League match between Liverpool FC and Chelsea FC at Anfield on July 22, 2020 in Liverpool, England. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images) Juergen Klopp mengakhiri penderitaan Liverpool menanti 30 tahun untuk gelar Liga Inggris. (Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
Jakarta -

Liverpool menikmati sukses di bawah arahan Juergen Klopp. Ada satu hal yang dinilai bikin Klopp mirip manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Sejak diangkat menjadi manajer pada Oktober 2015 silam, Klopp membawa Liverpool menanjak hingga memenangi sejumlah trofi. Titel pertamanya bareng 'Si Merah' adalah Liga Champions, yakni pada musim 2018/2019 lalu.

Gelar Piala Super Eropa menyusul kemudian, diikuti trofi Piala Dunia Antarklub. Pencapaian paling akbarnya adalah kala membawa Liverpool mengakhiri penantian 30 tahun akan gelar Liga Inggris.

Klopp memimpin Mohamed Salah dkk memenangi Premier League musim 2019/2020. Liverpool bahkan juara dengan sangat meyakinkan, finis 18 poin di depan Manchester City yang merupakan jawara musim sebelumnya.

Rangkaian sukses ini, khususnya keberhasilan Liverpool lepas dari jerat kutukan sulit juara di liga, disebut mantan gelandang MU Paul Scholes murni berkat Klopp. Ia melihat ada karakter unik dalam diri manajer asal Jerman itu, yang sebelumnya hanya terlihat di Sir Alex Ferguson.

"Saya rasa itu dari manajernya sih. Karakter dari Klopp, Anda senang saja untuk bermain buat dia. Anda bisa melihat itu dari para pemainnya," ungkap Scholes kepada BT Sport dikutip Liverpool Echo.

"Kami dulu punya manajer terbaik yang pernah ada dalam diri Sir Alex, semua orang begitu ingin bermain untuknya. Anda akan rela patah kaki untuknya, melakukan semua yang bisa Anda lakukan untuknya."

"Itu adalah sebuah talenta untuk bisa mendapatkan hal tersebut dari Anda, dan itulah sebabnya mereka manajer terbaik di dunia," imbuhnya.

Di bawah Sir Alex, MU jadi kekuatan utama di Liga Inggris. Mereka memenangi 13 titel Liga Inggris, plus lima titel Piala FA dan dua trofi Liga Champions di antara seluruh 38 piala yang diraih.



Simak Video "Debut Indah Diogo Jota Berbuah Rekor 400 Gol Klopp"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com