Ini Aturan Baru Handball di Liga Inggris

Afif Farhan - Sepakbola
Jumat, 11 Sep 2020 18:50 WIB
BRIGHTON, ENGLAND - SEPTEMBER 22:  Referee Christopher Kavanagh signals a handball conceded by Glenn Murray of Brighton and Hove Albion  during the Premier League match between Brighton & Hove Albion and Tottenham Hotspur at American Express Community Stadium on September 22, 2018 in Brighton, United Kingdom.  (Photo by Charlie Crowhurst/Getty Images)
Ini Aturan Baru Handball di Liga Inggris (Getty Images/Charlie Crowhurst)
London -

Ada aturan baru soal handball di Liga Inggris musim 2020/2021. Pemain disebut handball, jika bola mengenai tangan yang di bawah ketiak.

Liga Inggris bergulir lagi akhir pekan ini. Pertandingannya dapat disaksikan via Mola TV dengan paket Sports and Entertainment, seperti laga pertama Fulham vs Arsenal pada Sabtu (12/9) pukul 18.30 WIB lewat link berikut ini.

Operator Liga Inggris pun memiliki beberapa peraturan baru. Salah satunya, soal aturan handball.

Dilansir dari situs resmi Premier League, peraturan tersebut dirancang oleh International Football Association Board (IFAB). Aturan handball yang baru adalah, handball merupakan situasi kala bola mengenai bagian tangan pemain dari bagian di bawah ketiak.

Artinya, bagian bahu tidak dinyatakan handball. Untuk gambar lebih jelasnya ada di bawah ini.

BRIGHTON, ENGLAND - SEPTEMBER 22:  Referee Christopher Kavanagh signals a handball conceded by Glenn Murray of Brighton and Hove Albion  during the Premier League match between Brighton & Hove Albion and Tottenham Hotspur at American Express Community Stadium on September 22, 2018 in Brighton, United Kingdom.  (Photo by Charlie Crowhurst/Getty Images)Bagian hijau tidak handball, bagian merah dari ketiak ke bawahnya baru handball (Premier League)

IFAB juga punya aturan, pemain tidak bisa mencetak gol dengan tangan meski dalam posisi yang tidak disengaja. Handball tidak disengaja hanya akan dihukum apabola situasinya terjadi tepat sebelum gol atau dalam peluang mencetak gol.

Para wasit pun akan lebih jeli dalam melihat soal handball, apakah memang benar posisi bola mengenai bagian tangan di bawah ketiak atau tidak. Tentu, wasit juga dibantu oleh VAR (Video Assistant Referee).

Liga Inggris musim 2020/2021 bakal berjalan menarik. Banyak tim yang sudah melakukan perombakan skuad.

Chelsea paling getol belanja, Manchester City juga membeli beberapa pemain baru, sedangkan Manchester United menanti taji pemain-pemain mudanya yang terus berkembang tiap musim. Sementara Liverpool, bisakah mempertahankan gelar juara?

Arsenal di bawah asuhan Mikel Arteta juga sudah menjelma menjadi tim yang cukup diperhitungkan. Lalu manajer berpengalaman seperti Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti, bisakah membawa masing-masing timnya Tottenham Hotspur dan Everton melangkah ke papan atas?

(aff/krs)