sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 16 Sep 2020 16:05 WIB

Jelang Debut di MU, Van de Beek Diperingatkan Ruud Gullit

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Donny van de Beek resmi diumumkan sebagai pemain baru Manchester United pada Rabu 2 Agustus 2020. Donny van de Beek mesti bisa mengatasi tekanan bermain di Manchester United. (Foto: Twitter @ManUtd)
Amsterdam -

Publik sedang menantikan debut pemain anyar Manchester United Donny van Beek di akhir pekan. Ruud Gullit mengingatkan Van de Beek akan tekanan di klub barunya.

Van de Beek diproyeksikan akan bermain saat MU menjamu Crystal Palace di Old Trafford dalam Liga Inggris, Sabtu (19/9/2020) malam WIB. Gelandang berusia 23 tahun itu bakal bertandem Bruno Fernandes di lini tengah.

Ekspektasi tinggi dihadapi Van de Beek sekalipun masih baru di Premier League. Donny Van de Beek tampil impresif setelah menceploskan 10 gol dan 11 assist dalam 37 penampilan untuk Ajax di musim lalu.

Legenda sepakbola Belanda Ruud Gullit mewanti-wanti Van de Beek jelang penampilan pertamanya untuk Manchester United. Van de Beek jangan sampai bernasib sama seperti kompatriotnya, Davy Klaassen.

Klassen dan Van de Beek memiliki sejumlah kemiripian, sama-sama alumni Ajax dan menempati pos gelandang tengah. Namun, Klaassen gagal bersinar setelah didatangkan Everton pada 2017. Dia dilego ke Werder Bremen setahun berikutnya dengan tebusan hanya separuh dari harga pembeliannya.

"Saya menunggu-nunggu menyaksikan Donny van de Beek di Manchester United," tuli Gullit dalam kolomnya di De Telegraaf, yang dikutip M.E.N. "Apa yang saya ingat adalah dia mesti berhati-hati agar tidak menjadi Davy Klaassen kedua. Dalam hal permainan, Van de Beek itu mirip sekali dengan Davy."

"Klaassen dulu memilih Everton, tapi permainan kedua pemain itu paling cocok diterapkan di skuad yang ofensif, dan untuk itu seharusnya akan lebih mudah untuk Donny ketimbang Klaassen di Everton. United memainkan permainan yang seharusnya Donny bisa sukses, tapi sekaligus dia tetap bergantung pada rekan-rekan setimnya di lini serang."

"Dan apakah dia bisa bermain di posisi favoritnya? Soalnya, sekarang posisi itu ditempati pemain internasional Portugal Bruno Fernandes," lanjut mantan pemain top yang pernah memperkuat Chelsea itu.

"Van de Beek juga akan harus terbiasa mendapat sorotan terus-terusan setiap harinya. Lihat saja (Memphis) Depay," kata Gullit memperingatkan Donny van de Beek jelang debutnya bersama Manchester United.

(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com