sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 17 Sep 2020 19:25 WIB

Van der Sar: Henderson Bikin Kagum, tapi De Gea Fantastis

Putra Rusdi K - detikSport
MANCHESTER, ENGLAND - MARCH 08: David De Gea of Manchester United celebrates after the Premier League match between Manchester United and Manchester City at Old Trafford on March 08, 2020 in Manchester, United Kingdom. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images) Edwin van der Sar mengomentari persaingan antara David de Gea dengan Dean Henderson (Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
Manchester -

Edwin van der Sar yakin persaingan Dean Henderson dan David de Gea hadirkan hal positif bagi Manchester United. De Gea dinilai masih layak jadi pilihan utama.

Persaingan di bawah mistar gawang MU bakal sengit di musim ini karena pulangnya Dean Henderson usai dipinjamkan dari Sheffield United. Ia tampil apik di musim lalu bersama The Blades dengan mampu menorehkan 13 cleansheet.

Kedatangan kiper 23 tahun ini dinilai beberapa pihak bisa mengancam posisi De Gea sebagai kiper utama MU. De Gea banyak mendapat sorotan karena kerap membuat blunder yang bikin gawang Setan Merah kebobolan. Dikutip dari situs resmi Premier League, De Gea sudah membuat tujuh kesalahan yang berakibat kebobolan sejak musim 2018/2019.

Kiper legendaris MU, Edwin van der Sar, turut mengomentari persaingan di bawah mistar gawang MU ini. Van der Sar menilai hadirnya Henderson bakal memberi dampak positif bagi Setan Merah karena memunculkan persaingan yang sehat dengan De Gea.

Pria asal Belanda ini juga menegaskan tak meragukan kualitas De Gea sebagai kiper utama MU. Menurut Van der Sar, De Gea sudah membuktikan diri mampu menggantikan peran yang sebelumnya diemban olehnya.

De Gea yang merapat ke MU pada 2011/2012 datang usai Van der Sar menyatakan pensiun. Sejak saat itu, ia menyegel posisi kiper utama dengan tiga kali merengkuh gelar Manchester United Player of The Year (2013/2014, 2014/2015, 2017/2018).

"Jelas, David telah menjadi sosok yang fantastis. Saat dia mengambil alih (posisi saya), dia meraih Player of the Year (Award) berkali-kali dan dia luar biasa untuk klub," ujar Van der Sar dikutip dari situs resmi MU.

"Ole (Gunnar Solskjaer) akan melihat bagaimana kompetisi di tim dan penjaga gawang akan bekerja dengan baik untuk lini pertahanan. "

"Jujur, saya cukup terkesan dengan kebangkitan Dean dengan Sheffield, tetapi David sangat bagus untuk United. Dia telah membuat beberapa kesalahan tetapi saya juga pernah melakukannya, setiap pemain pasti pernah membuat kesalahan," jelasnya.

(pur/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com