sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 24 Sep 2020 02:00 WIB

Diogo Jota, Kecil-kecil Monster Liverpool

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Diogo Jota resmi bergabung ke Liverpool dari Wolverhampton Wanderers, Sabtu (19/9/2020) dini hari WIB. Diogo Jota jadi opsi baru Liverpool di lini depan. (Foto: dok. Liverpool FC)
Jakarta -

Belum sepekan sejak Diogo Jota gabung Liverpool. Tapi winger asal Portugal itu langsung mendapatkan julukan monster karena satu hal.

Jota direkrut Liverpool dari Wolverhampton Wanderers senilai 41 juta paun. Ia jadi rekrutan ketiga sang juara bertahan di musim panas ini setelah Kostas Tsimikas dan Thiago Alcantara.

Bermain sebagai penyerang sayap, Jota akan menjadi alternatif untuk Mohamed Salah atau Sadio Mane yang beroperasi di area lebar lapangan untuk Liverpool. Tapi jangan salah, kualitas tekniknya sebenarnya sudah sama bagusnya dengan trio Firmansah (Roberto Firmino, Mane, Salah).

Liverpool ternyata sudah tahu betul karakter dan kualitas Diogo Jota lewat asisten Juergen Klopp, Pep Lijnders. Linders sudah tahu Jota sejak jadi asisten di Porto pada 2006-2014.

Dalam rentang waktu itu, ia sudah melihat Jota muda bermain di level junior Portugal untuk Gondomar dan Pacos Ferreira. Bersama Pacos Ferreira pula Jota melakukan debut profesional, lalu sempat merantau ke Atletico Madrid dan kembali ke Porto selama semusim pada 2016/2017.

Pemain 23 tahun itu lalu gabung Wolves pada 2017/2018 dan melambung bersama Nuno Espirito Santo, kompatriotnya yang duduk di kursi manajer. Satu hal yang dianggap kekuatan besar pemain ramping dan bertinggi 178 cm itu adalah kecepatan dan agresivitasnya dalam melakukan pressing.

"Diogo, apa yang bisa saya katakan? Level tekniknya sejajar dengan tiga penyerang kami. Masa depan di kakinya begitu besar. Dia akan punya peran besar dalam klub kami," kata Lijnders dikutip Metro.

"Dia itu seperti monster pressing. Dia akan langsung cocok dengan tim. Saya sudah mengenalnya sejak dia masih sangat-sangat muda, karena dia dulu di Porto. Dia besar di Gondomar, klub yang lebih kecil."

"Saya rasa kami saling berhadapan ketika dia masih muda, kemudian dia ke Pacos de Ferreira. Di Portugal, mereka bilang betapa bagusnya perekrutan Liverpool karena mereka tahu persis bagaimana dia dan potensi yang dimilikinya."

"Seperti yang saya bilang, dia itu monster pressing. Dia akan sangat cocok dengan gaya kami. Pada saat bersamaan, level tekniknya sama dengan tiga penyerang kami," imbuh pria yang dulu pernah jadi asisten Brendan Rodgers ini.



Simak Video "Debut Indah Diogo Jota Berbuah Rekor 400 Gol Klopp"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com