sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 30 Sep 2020 17:34 WIB

Mantan Kiper Liverpool Ini Miripkan Alisson dengan CR7, Kenapa?

Okdwitya Karina Sari - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - SEPTEMBER 28: Alisson Becker of Liverpool celebrates during the Premier League match between Liverpool and Arsenal at Anfield on September 28, 2020 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Jason Cairnduff - Pool/Getty Images) Alisson Becker dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo, tapi untuk sekarang Manuel Neuer dianggap kiper terbaik di dunia. (Foto: Getty Images/Pool)
Liverpool -

Eks kiper Liverpool David James menilai Alisson Becker mirip dengan Cristiano Ronaldo. Namun, untuk performa Alisson saat ini masih kalah dari Manuel Neuer.

Digaet dari AS Roma pada musim panas 2018, Alisson langsung mengilap di Liverpool. Kiper Brasil itu berperan vital dalam sukses the Reds memenangi masing-masing satu titel Liga Inggris dan Liga Champions, yang dicapai dalam dua final beruntun.

Menurut James, Alisson memiliki kualitas seperti Ronaldo yang serbia bisa serta mampu mempertahankan levelnya dalam waktu yang lama. "Saya bertemu dengan dia di Melwood dan Michael Edwards [direktur Liverpool] mengenalkan saya dengan dia. Dia masih sangat muda!" kata mantan kiper Inggris itu.

"Terkait soal puncak performa terkait usia itu tidak cocok karena Anda bisa saja mencapai puncaknya di usia 15 tahun, tidak ada yang bilang Anda bisa lebih baik di usia 16 tahun atau 26 tahun. Pada akhirnya, itu tentang biologis saja dan apakah Anda bisa maju lebih jauh dan lebih kencang dan lebih tinggi tapi dengan Alisson, Anda memandang seorang kiper yang sangat bagus di segala hal."

"Dia mungkin sedikit seperti Cristiano Ronaldo karena dia tidak harus melakukan sesuatu yang istimewa untuk terus berada di level tertinggi," sambung James kepada podcast Blood Red dilansir Liverpool Echo.

Di tengah sukses Liverpool memenangi Premier League, Alisson sempat diganggu cedera. Sementara itu Manuel Neuer memenangi treble bersama Bayern Munich. Penampilan top ditunjukkan Neuer di final Liga Champions melawan PSG dan Piala Super Eropa kontra Sevilla. David James pun mengakui kiper Jerman itu adalah yang terbaik di dunia untuk sekarang.

"Di musim sebelum yang baru saja berlalu, Alisson Becker adalah kiper terbaik yang saya lihat di manapun. Saya harus mengatakan di Eropa, karena saya tidak tahu apa yang terjadi di seluruh liga di dunia," lanjut dia.

"Saya bisa bilang dengan santai terbaik di dunia dan Alisson tadinya adalah yang terbaik. Namun, pada musim lalu ada banyak masalah cedera. Ketika Alisson datang, Liverpool mencetak clean sheet terus dan dia membuktikan nilainya. Setelah COVID-19, dia tidak dalam performa terbaiknya tapi apa yang dibutuhkan Liverpool adalah memenangi liga dan mereka melakukannya."

"Di sisi lain, Manuel Neuer selama ini tampil tanpa cela. Di final Liga Champions, ada dua penyelamatan yang dia buat sehingga dia bisa clean sheet. [Di Piala Super melawan Sevilla], penyelamatan dia dari tembakan Nasri sungguh hebat dan dia saat ini, saat kita bicara sekarang, adalah kiper dengan performa terbaik di dunia."

"Saya pikir Alisson lebih baik daripada Neuer dalam periode waktu yang lebih lama dan dia sekali lagi akan menjadi kiper terbaik. Saya menyukai segalanya tentang dia dan dia sepertinya memiliki ketenangan dalam situasi apapun," simpul David James.

(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com