sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 22 Okt 2020 19:30 WIB

Jorginho Jadi Guru Bahasa Inggris Thiago Silva di Chelsea

Mohammad Resha Pratama - detikSport
LONDON, ENGLAND - OCTOBER 03: Ben Chilwell of Chelsea celebrates with teammates Callum Hudson-Odoi, Jorginho and Thiago Silva after scoring his sides first goal during the Premier League match between Chelsea and Crystal Palace at Stamford Bridge on October 03, 2020 in London, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Mike Hewitt/Getty Images) Jorginho (5) jadi guru bahasa Inggris Thiago Silva (kanan) (Getty Images/Mike Hewitt)
London -

Jorginho punya tugas ganda di Chelsea saat ini. Selain mengawal lini tengah The Blues, dia juga jadi guru bahasa Inggris Thiago Silva.

Silva memang bek penuh pengalaman karena pernah bermain di AC Milan dan Paris Saint-Germain, dua klub besar Eropa. Maka dari itu, Chelsea berani memboyongnya dengan kontrak cuma-cuma meski sudah berusia 36 tahun.

Chelsea memang butuh pemain senior untuk membimbing bek-bek muda yang dimilikinya. Namun, Silva juga punya kekurangan yakni tidak bisa berbahasa Inggris yang diakui juga oleh manajer Frank Lampard sebagai problem utama saat ini.

Hal itu terbukti ketika debut horor Silva saat Chelsea diimbangi West Bromwich Albion 3-3 bulan lalu. Silva bahkan saat itu dipasang sebagai kapten dan berandil besar membuat Chelsea tertinggal 0-3 di babak pertama.

Barulah Cesar Azpilicueta masuk di babak kedu dan membuat kondisi di lini belakang Chelsea jadi kondusif. Dengan kondisi seperti ini, Silva dituntut untuk bisa bahasa Inggris dengan cepat agar lebih mudah berkomunikasi dengan rekan-rekannya.

Jorginho yang merupakan pemain keturunan Brasil ditugasi untuk membimbing Silva dalam masa orientasi di Chelsea. Gelandang Timnas Italia itu bisa bicara dalam Portugis dan Italia, dua bahasa yang dikuasai betul oleh Thiago Silva.

"Saya mengajarinya beberapa bahasa seperti 'jaga orang', berbalik', atau jika dia ada di sisi lain, 'tukar posisi'. Hal-hal yang Anda butuhkan di lapangan seperti 'kawal', 'turun ke bawah' atau 'ayo naik'," ujar Jorginho seperti dikutip Daily Mail.

"Kami saling membantu satu sama lain. Itu yang Anda lakukan di dalam dan luar lapangan. Dia sangat gembira di sini. Dia punya kepribadian luar biasa, pemain top dengan segudang pengalaman. Dia membantu kami semua sebagai tim, para pemain muda, semuanya," sambungnya.

"Dia sudah tahu cara berkomunikasi dengan baik, apakah itu dengan isyarat tangan atau dia bicara kepada saya, lalu saya beritahukan ke pemain lain. Kami cari terus caranya."

"Ketika dia punya pertanyaan atau ragu-ragu, dia bertanya kepada saya dan saya membantu sebisanya, karena bahasa Inggris saya juga tidak bagus-bagus amat," tutup Jorginho soal perannya sebagai 'pak guru' buat Thiago Silva di Chelsea.

(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com