sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 23 Okt 2020 15:50 WIB

Fabinho, Siap-siap Gantikan Van Dijk Ya!

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Liverpools Fabinho reacts during the group D Champions League soccer match between Ajax and Liverpool at the Johan Cruyff ArenA in Amsterdam, Netherlands,Wednesday, Oct. 21, 2020. Liverpool won the match 1-0. (AP Photo/Peter Dejong) Fabinho siap sedia jadi bek tengah pengganti Virgil van Dijk sementara (AP/Peter Dejong)
Amsterdam -

Fabinho kembali tampil apik saat jadi bek tengah dadakan. Ada peluang pemain asal Brasil itu bakal jadi pengganti selama Virgil van Dijk Absen.

Liverpool kehilangan Van Dijk hingga akhir musim ini karena si pemain mengalami cedera ligamen lutut pada laga kontra Everton pekan lalu. Dengan Joel Matip dan Joe Gomez rentan cedera, maka Liverpool bisa dibilang krisis bek tengah.

Pada laga kontra Ajax Amsterdam kemarin, Matip tidak ikut karena kondisinya kurang fit. Padahal Matip sebelumnya baru kembali dari cedera yang memaksanya absen beberapa pekan.

Nah, jadilah Juergen Klopp selaku manajer Liverpool memainkan Fabinho, yang sejatinya berposisi gelandang bertahan, dan Joe Gomez sebagai duet bek tengah. Meski baru pertama kali berpaasangan, Fabinho dan Gomez tampil apik menghalau serangan Ajax.

Fabinho bakal sempat melakukan aksi akrobatik saat membuang bola yang hendak masuk ke gawang Adrian. Puja-puji itu membuat fans Liverpool percaya kalau Fabinho adalah sosok yang tepat memimpin lini belakang, menggantikan Van Dijk.

Bukan tugas mudah bagi Fabinho mengingat peran Van Dijk begitu besar, tak cuma di pertahanan tapi untuk permainan Liverpool secara keseluruhan. Tapi, Fabinho akan coba tampil semaksimal mungkin saat dipercaya di posisi itu.

"Secara taktik, saya selalu siap untuk melepas umpan-umpan jauh, dan coba mengorganisir tim. Tidak mudah memang, tapi saya harus melakukan apa yang Virgil kerap lakukan - bicara dengan tim, mencoba menjadi pemimpin. Tentu saja bukan pemimpin sesungguhnya, tapi saya akan lakukan sebaik mungkin!," ujar Fabinho dalam wawancara Via Play Football.

Fabinho sudah empat kali menjadi bek tengah selama di Liverpool yang semuanya berakhir dengan clean sheet, yakni saat menghadapi Bayern Munich, Brighton, Chelsea, dan Ajax Asmterdam.

"Saya hanya coba melakukan sebaik mungkin. Manajer bilang kepada saya kalau saya harus lebih banyak bicara kepada tim dan mengatur mereka. Terkadang detil-detil kecil seperti 'second ball', 'siap-siap', 'tekan lawan' - saya coba menjalani peran ini sebaik-baiknya," sambung Fabinho.

(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com