sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 22 Okt 2020 11:41 WIB

Eks Defender Liverpool Ini Suka Gaya Fabinho Jadi Bek Tengah

Lucas Aditya - detikSport
Liverpools Brazilian midfielder Fabinho (L) jumps for the ball with Ajaxs Dutch midfielder Ryan Gravenberch  during the UEFA Champions League Group D first-leg football match between Ajax Amsterdam and Liverpool FC at the Johan Cruijff Arena in Amsterdam on October 21, 2020. (Photo by KENZO TRIBOUILLARD / AFP) Cara bermain Fabinho menjadi bek tengah dipujij eks defender Liverpool (Foto: AFP/Kenzo Tribouillard)
Jakarta -

Fabinho menjadi bek tengah saat Liverpool mengalahkan Ajax. Eks defender The Reds, Stephen Warnock, suka cara pemain Brasil di jantung pertahanan.

Di matchday I Liga Champions 2020/2021, Liverpool memetik kemenangan 1-0 atas Ajax. Dalam pertandingan di Amsterdam Arena, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB, gol bunuh diri Nicolas Tagliafico menjadi penentu kemenangan tim Merseyside.

Liverpool tak diperkuat bek jagoannya, Virgil van Dijk, saat melawan Ajax. Pemain Belanda itu mengalami cedera ACL hingga harus absen lama.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, pun memberi tugas untuk Fabinho menjadi bek tengah. Catatan clean sheet Liverpool menjadi bukti pemain 26 tahun itu bisa menunaikan tugasnya dengan baik.

Opta melansir data bahwa Fabinho melakukan 4 kali tackle, memenangi 10 duel, 4 kali melakukan intersep, dan 9 kali melakukan sapuan.

Salah satu sapuan penting Fabinho dilakukan pada menit ke-43. Dia membuang tendangan lob Dusan Tadic yang mengarah ke gawang kosong.

"Fabinho luar biasa. Semua yang dia lakukan, dia memberi pengaruh pada permainan dan menghentikan semua ancaman. Dia melangkah di saat yang tepat ketika dia tahu ada bahaya, menyundul semua umpan yang datang ke kotak penalti," kata Warnock di BBC.

"Apa yang saya suka mengenai itu adalah dia tak bersikap 'saya harus menjadi Virgil van Dijk, di mana saya mengurangi ancaman dan bermain dari belakang'. Andai diperlukan membantu serangan, dia menangani situasi itu dengan nyaman dan memperjelas posisinya dan itu tampak sangat mudah, tapi itu cara mengetahui batasannya dan mengetahui bagaimana cara untuk bermain," dia menambahkan.

(cas/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com