sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 21 Nov 2020 14:17 WIB

Waduh! MU Kena Serangan Siber Jelang Laga Lawan West Brom

Kris Fathoni W - detikSport
MANCHESTER, ENGLAND - MARCH 31: General view inside the stadium prior to the Premier League match between Manchester United and Swansea City at Old Trafford on March 31, 2018 in Manchester, England.  (Photo by Alex Livesey/Getty Images) Waduh! MU Kena Serangan Siber Jelang Laga Lawan West Brom. (Foto: Alex Livesey/Getty Images)
Jakarta -

Manchester United mengonfirmasi sudah menjadi sasaran dari sebuah serangan siber yang mereka yakini datang dari kelompok kriminal yang terorganisir.

Seperti dirangkum dari sejumlah media Inggris, pihak Man United mengungkap bahwa serangan siber tersebut sudah berusaha menyerang sistem mereka pada hari Jumat (20/11/2020) malam waktu setempat.

Pihak klub turut menegaskan bahwa serangan siber tersebut dengan cepat berhasil ditangkal. Data-data pribadi suporter pun tetap aman. Serangan ini sendiri juga disebut tak memiliki imbas ke laga Man United Vs West Bromwich Albion di ajang Liga Inggris pada matchweek 9 di hari Sabtu (21/11) ini.

"Walaupun ini merupakan sebuah operasi rumit yang dilakukan oleh kriminal siber terorganisir, klub memiliki protokol dan prosedur yang extensive untuk hal semacam itu dan telah mengantisipasi risiko macam ini. Pertahanan siber kami mengidentifikasi serangan itu dan mematikan sistem terdampak untuk melokalisir kerusakan sekaligus melindungi data," sebut pernyataan Manchester United.

"Kanal media klub, termasuk situs web dan aplikasi kami, tidak terdampak dan sejauh ini kami tidak melihat adanya kemungkinan pembobolan data personal yang terkait dengan suporter dan pelanggan kami. Semua sistem penting yang diperlukan untuk pertandingan-pertandingan di Old Trafford juga tetap aman dan berfungsi, dan laga lawan West Bromwich Albion bakal tetap lanjut."

London Evening Standard lebih lanjut menambahkan, seorang juru bicara Man United yang dikutip Press Association menyatakan bahwa, "Serangan siber macam ini menjadi lebih sering terjadi dan itu adalah sesuatu yang memang harus selalu diantisipasi lewat latihan (menangkal)."

Manchester United akan menjamu West Bromwich Albion di ajang Premier League nanti malam pukul 22.00 WIB. Laga itu bisa disaksikan di Mola TV lewat link berikut ini.

(krs/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com