sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 26 Nov 2020 20:22 WIB

Liverpool Boleh Rayakan Pesta Juara Liga Bareng Fans, tapi...

Bayu Baskoro - detikSport
Liverpools Jordan Henderson kisses the English Premier League trophy after it was presented following the Premier League soccer match between Liverpool and Chelsea at Anfield stadium in Liverpool, England, Wednesday, July 22, 2020. (Paul Ellis, Pool via AP) Liverpool belum merayakan pesta juara Premier League bareng penggemar. (Foto: AP/Paul Ellis)
Liverpool -

Liverpool menunda pesta juara Premier League bareng fans akibat COVID-19. The Reds kini mendapat lampu hijau buat melakukannya, tapi dengan syarat. Apa itu?

Liverpool mengangkat trofi Premier League pertama mereka pada Juli lalu di Anfield tanpa kehadiran penonton. Kosongnya tribun markas The Reds memang disengaja, sebagai bagian dari protokol pencegahan virus Corona.

Juergen Klopp selaku manajer Liverpool mengatakan jika timnya ingin sekali merayakan gelar juara Premier League pertama mereka bersama para fans. Namun, kondisi tersebut tidak memungkinkan lantaran pandemi virus Corona.

"Jika segalanya berbeda, saya ingin banget bisa merayakannya bersama, mengadakan parade yang lebih besar dari apa yang kami lakukan saat memenangkan Liga Champions tahun lalu, sehingga kami semua dapat berbagi momen spesial ini. Namun, itu semua tidak mungkin," kata Klopp usai timnya mengunci gelar juara liga musim lalu.

"Ketika waktunya tepat kami akan merayakannya. Kami akan menikmati momen ini dan kami akan mengecat kota dengan warna merah. Namun untuk saat ini, silakan tinggal di rumah sesering mungkin," jelasnya.

Melansir Daily Star, asa Liverpool untuk bisa menggelar pesta juara bersama The Kopites bisa menjadi kenyataan dalam waktu dekat. Namun ada syarat dan aturan yakni berlaku, yakni kegiatan digelar di stadion yang masuk dalam wilayah kategori aman.

Seperti diketahui, pemerintah Inggris akan membuka stadion sepakbola buat penggemar per tanggal 2 Desember 2020. Inggris akan menerapkan sistem tier, atau semacam pelevelan, untuk kegiatan olahraga di area-area berisiko rendah selepas lockdown berakhir.

Untuk kegiatan outdoor di area tier atau level 1, bisa dihadiri maksimal 4.000 penonton, tier 2 2.000 orang, sementara tier 3 tak tak diperbolehkan dihadiri penonton.

Kota Liverpool sendiri masuk ke dalam wilayah tier 2. Alhasil, 2.000 penggemar diizinkan datang ke Anfield dan merayakan juara langsung di stadion bersama Sadio Mane dkk kala The Reds menjamu Wolverhampton Wanderers pada Sabtu (5/12/2020).

(bay/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com