sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 03 Des 2020 02:00 WIB

Rio Ferdinand: Juergen Klopp Tiru Sir Alex dalam Hal Ini

Bayu Baskoro - detikSport
Liverpools manager Jurgen Klopp is interviewed after their English Premier League soccer match between Liverpool and Arsenal at Anfield in Liverpool, England, Monday, Sept. 28, 2020. (Laurence Griffiths/Pool via AP) Juergen Klopp dinilai sedang meniru Sir Alex Ferguson dalam hal ini. (Foto: Laurence Griffiths/Pool via AP)
Liverpool -

Rio Ferdinand berkomentar soal Juergen Klopp yang belakangan ini banyak mengeluh. Menurutnya, ada satu hal yang ditiru Klopp dari Sir Alex Ferguson. Apa itu?

Klopp mengeluhkan jadwal padat yang harus dilalui Liverpool usai timnya ditahan imbang 1-1 oleh Brighton & Hove Albion pekan lalu. Dia menilai penjadwalan dan aturan pertandingan tidak pas, sehingga para pemainnya satu per satu bertumbangan akibat cedera.

Adapun aturan pertandingan yang dikeluhkan Klopp yakni perihal jadwal kick-off Liga Inggris yang dimainkan siang hari waktu setempat. Dia juga menyoroti ketiadaan pergantian pemain sebanyak lima kali.

Meski begitu, tidak sedikit pula yang menilai jika keluhan Juergen Klopp itu tak lebih dari taktik permain pikiran sang manajer Liverpool. Legenda Manchester United, Gary Neville, menyebut pria Jerman itu ingin The Reds mendapatkan keuntungan, persis seperti yang pernah dilakukan Sir Alex Ferguson bersama MU dulu.

Pendapat serupa turut diberikan mantan rekan setim Neville di MU, Rio Ferdinand. Eks bek Timnas Inggris menganggap Klopp tengah meniru Sir Alex dalam hal mengalihkan perhatian media atau pihak-pihak lain dari para pemainnya, yakni dengan cara mengontrol narasi.

"Terkadang dia (Sir Alex) berbicara dengan tim seusai pertandingan dan bersikap tenang. Kemudian dia pergi buat wawancara, kami menyaksikannya dari layar TV, dan dia marah-marah dengan keputusan yang tak pernah dipikirkan siapa pun," kata Ferdinand kepada BT Sport.

"Namun, hal itu mengalihkan perhatian orang lain atau sesuatu lainnya yang bisa menggagalkan kami. Dia mengontrol narasi dan saya pikir itulah yang dilakukan Klopp dengan sangat baik saat ini," sambungnya.

"Mungkin beberapa kali dia berbicara tentang sesuatu di luar pertandingan yang mengalihkan pembicaraan tentang performa atau kesalahan kecil yang terjadi dalam 90 menit laga," demikian kata Rio Ferdinand perihal keluhan Juergen Klopp.



Simak Video "Detik-detik Klopp Cekcok dengan Manajer Burnley"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com