Buat MU, Pemain Ini Target Sempurna... Kata Kecerdasan Buatan

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 16 Des 2020 20:05 WIB
FRANKFURT AM MAIN, GERMANY - DECEMBER 05: Julian Brandt of Dortmund of Dortmund controls the ball during the Bundesliga match between Eintracht Frankfurt and Borussia Dortmund at Deutsche Bank Park on December 05, 2020 in Frankfurt am Main, Germany. (Photo by Alex Grimm/Getty Images)
Julian Brandt disebut AI sebagai target sempurna buat MU. (Foto: Getty Images/Alex Grimm)
Jakarta -

Manchester United sempat mengejar Jadon Sancho tapi belum bisa mendapatkannya. Sebagai alternatif Sancho, pemain ini disebut sebagai target sempurna buat MU.

Yang menarik, perumusan target ideal ini dilakukan dengan pemanfaatan teknologi, tepatnya melalui Kecerdasan Buatan alias Artificial Intelligence (AI).

Daily Mail menyebut bahwa pemanfaatan AI itu dilakukan oleh Ramm Mylvaganam, investor ProZone, yang tujuannya membantu klub-klub sepakbola agar bisa mengidentifikasi transfer yang sempurna.

AI Abacus, demikian nama teknologi ini, menggunakan kecerdasan buatan untuk menemukan kecocokan di antara para pesepakbola dan klub, berdasarkan kecocokan atau chemistry di antara target potensial dengan calon rekan-rekan satu timnya, plus gaya main tim itu.

Disebutkan pula bahwa pemanfaatan kecerdasan buatan dalam melakukan transfer ini bisa menjadi sebuah terobosan seperti yang dilakukan ProZone-nya Mylvaganam pada 1988. Sebelum itu, contohnya, klub-klub tak punya gambaran berapa KM lari para pemainnya.

Balik lagi ke Manchester United, nama Julian Brandt muncul sebagai target ideal. Ia disebut cocok sekali jika the Red Devils ingin menambah kreativitas dalam skuadnya.

Julian Brandt sendiri adalah seorang winger, yang musim lalu juga banyak memainkan peranan ofensif di lini tengah Borussia Dortmund. Ia rutin tampil dalam formasi 4-2-3-1 yang belakangan juga diakrabi oleh Man United.

Menilik paparan data analisis Abacus menyoal chemistry, salah satu hal yang bikin Julian Brandt jadi target paling potensial untuk Manchester United adalah karena ia diprediksi akan klop sekali dengan Paul Pogba.

Seperti diketahui, Paul Pogba acapkali dianggap belum bisa memperlihatkan performa terbaik sejak kembali bergabung ke Man United. Hal itu pula yang bikin masa depannya terus dispekulasikan.

Selain dengan Pogba, Abacus juga memprediksi bahwa Julian Brandt bakal memiliki kombinasi jempolan dengan Alex Telles, Anthony Martial, Marcus Rashford, dan Bruno Fernandes.

Tak cuma Julian Brandt, nama lain yang juga masuk jajaran teratas sebagai target potensial buat Manchester United adalah Marcus Thuram dan Emiliano Buendia.

(krs/yna)