Arsenal Jeblok, Bernd Leno Bilang Gini soal Arteta

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Kamis, 17 Des 2020 17:20 WIB
LONDON, ENGLAND - DECEMBER 13: Mikel Arteta, Manager of Arsenal reacts during the Premier League match between Arsenal and Burnley at Emirates Stadium on December 13, 2020 in London, England. A limited number of spectators (2000) are welcomed back to stadiums to watch elite football across England. This was following easing of restrictions on spectators in tiers one and two areas only. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Bernd Leno menilai laju buruk Arsenal bukan salah Mikel Arteta (Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
London -

Laju buruk Arsenal membuat Mikel Arteta dapat sorotan tajam. Namun, kiper Arsenal Bernd Leno menilai para pemain lah yang harus bertanggung jawab.

Puasa kemenangan Arsenal berlanjut usai mereka cuma bermain imbang dengan Southampton. Bertanding di Emirates Stadium, Kamis (17/12/2020) dini hari WIB, The Gunners harus puas dengan hasil akhir 1-1.

Dengan hasil ini, Arsenal berarti sudah tidak menang dalam enam pertandingan terakhir di Premier League. Mereka cuma mendapat dua hasil imbang dan empat kali kalah.

Akibatnya, Arsenal terdampar di peringkat ke-15 klasemen Liga Inggris dengan 14 poin. Mereka cuma berjarak lima poin dari zona degradasi.

Serangkaian hasil buruk itu membuat seruan #artetaout makin kencang. Namun, Leno menilai laju negatif Arsenal adalah tanggung jawab para pemain tak jarang justru melakukan kesalahan sendiri.

"Itu (tekanan kepada Arteta) sama sekali bukan persoalan. Fakta bahwa kami di situasi ini bukan salah pelatih," ujar Leno kepada Sky Germany.

"Kalau Anda kadang melihat cara kami berlari di lapangan, maka para pemain lah yang harus disalahkan. Saya harus jujur soal itu."

"Kami dapat kartu merah, membuat kesalahan, berdiri di luar posisi. Ini adalah hal-hal yang sudah jelas kami tangan berkali-kali. Pada akhirnya, kurang fokus adalah bagian dari pemain."

"Pelatih bukan masalah di ruang ganti, tidak ada kritik untuknya. Kami mengkritik diri kami sendiri dan para pemain tahu kalau mereka harus tanggung jawab."

"Kami punya kualitas, tapi tiba-tiba ada jeda ini. Tapi tidak ada yang bisa cuma menyalahkan satu orang. Faktanya ada bahwa segalanya tidak berjalan dengan baik akhir-akhir ini. Sebelumnya, kami sering pantas kalah," kata kiper asal Jerman itu.

Di antara hasil-hasil negatif yang didapat Arsenal, terdapat kekalahan dari tim yang di atas kertas tak lebih diunggulkan. Leno pun mengakui kalau performa timnya mengecewakan.

"Kami imbang 0-0 di Leeds, tapi itu poin beruntung. Kami pantas kalah lawan Tottenham, juga lawan Wolverhampton, melawan Aston Villa bahkan 0-3. Laga-laga itu terlalu banyak hasil lemah dan performa mengecewakan," lanjut Leno.

"Sikapnya buruk, kurang disiplin, dan kami tidak percaya diri. Ada banyak faktor di sini. Kami sudah menanganinya secara internal dan semua sepakat kalau kami harus berubah dengan cepat," kata Leno, menegaskan pembelaannya ke Arteta.

(nds/raw)