Arsenal Disarankan Ganti Mikel Arteta dengan Patrick Vieira

Bayu Baskoro - Sepakbola
Sabtu, 19 Des 2020 02:00 WIB
LONDON, ENGLAND - FEBRUARY 27: Arsenal Manager, Mikel Arteta looks on prior to the UEFA Europa League round of 32 second leg match between Arsenal FC and Olympiacos FC at Emirates Stadium on February 27, 2020 in London, United Kingdom. (Photo by Julian Finney/Getty Images)
Mikel Arteta disarankan didepak Arsenal dan digantikan Patrick Vieira. (Foto: Getty Images/Julian Finney)
London -

Arsenal disarankan mengganti Mikel Arteta dengan Patrick Vieira. Saran tersebut disampaikan oleh mantan pemain The Gunners, William Gallas.

Arteta tengah disorot lantaran performa Arsenal yang jeblok di Liga Inggris musim ini. Dari enam pertandingan terakhir, klub asal London itu hanya meraih dua imbang dan empat kali kalah.

Penampilan buruk Arsenal tersebut berdampak pula ke posisi mereka di klasemen Liga Inggris. Pierre-Emerick Aubameyang cs kini terdampar di posisi ke-15 dengan 14 poin dari 13 laga, serta hanya berjarak lima angka dari zona degradasi.

Kenyataan tersebut membuat beberapa pihak meminta Mikel Arteta didepak dari Arsenal karena dianggap gagal mengangkat performa The Gunners. William Gallas menjadi salah satu yang mengamini tuntutan tersebut.

Dalam pandangan Gallas, Arteta bukan sosok yang tepat menangani Arsenal, mengingat pengalamannya yang masih hijau di dunia manajerial. Pria Prancis itu lantas menyarankan mantan klubnya tersebut mengangkat Patrick Vieira sebagai juru taktik baru.

Arsenal's Thierry Henry (L), captain Patrick Vieira (2ndL) and manager Arsen Venger are pictured on the open-top bus carrying the winners of the British Premier League Championship, Arsenal players and their families, on their way to Islington Town Hall, 16 May 2004, as part of the Club's victory celebration.  AFP PHOTO/ Martyn HAYHOW / AFP PHOTO / MARTIN HAYHOWPatrick Vieira (tengah), kapten Arsenal terakhir yang mengangkat trofi Premier League. (Foto: AFP PHOTO/ Martyn HAYHOW)

Vieira dinilai tahu betul seluk beluk Arsenal, mengingat dia pernah menjadi kapten Meriam London pada periode 2000-an. Sosok yang memimpin Arsenal saat meraih invicibles di musim 2003/2004 itu juga punya pengalaman melatih di klub New York City (Amerika Serikat) dan Nice (Prancis).

"Saya pikir mungkin masalahnya saat ini adalah bahwa Mikel Arteta bukanlah manajer yang tepat. Bagi saya, dia tidak memiliki pengalaman untuk mengelola klub besar," kata Gallas, dikutip dari The Sun.

Saya terkejut ketika dia terpilih, jujur saja - meski dia pernah menjadi asisten Pep Guardiola - anda membutuhkan pengalaman sebagai manajer untuk datang ke klub seperti Arsenal. Ketika mereka memilih Mikel Arteta menggantikan Unai Emery, menurut saya Patrick Vieira adalah nama yang seharusnya dipilih," dia menambahkan.

"Patrick memiliki lebih banyak pengalaman daripada Mikel, karena dia pernah melatih di Amerika dan menghabiskan waktu di Nice. Jadi ketika dewan Arsenal memutuskan untuk memilih manajer baru, saya pikir Patrick akan mendapatkan panggilan itu,".

"Dia adalah kapten Arsenal dan dia tahu klub itu dengan sangat baik, Patrick adalah orang yang tepat saat itu. Jika mereka harus memecat Mikel Arteta, mereka harus memilih Patrick Vieira untuk menggantikannya, dan saya yakin semua fans akan menyukainya," demikian saran Willam Gallas ke Arsenal.



Simak Video "Pochettino Incar Striker Andalan, Arteta Aman Atau Berakhir?"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/ran)