sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 19 Jan 2021 16:35 WIB

Bek Top Mana sih yang Mau Gabung Liverpool di Januari?

Okdwitya Karina Sari - detikSport
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 15:  Virgil van Dijk of Liverpool and team mate Joe Gomez celebrate following the Premier League match between Tottenham Hotspur and Liverpool FC at Wembley Stadium on September 15, 2018 in London, United Kingdom.  (Photo by Julian Finney/Getty Images) Liverpool diyakini akan kesulitan meyakinkan pemain top untuk menggantikan Virgil van Dijk dan Joe Gomez (dalam gambar). (Foto: Julian Finney/Getty Images)
Liverpool -

Liverpool diyakini akan membutuhkan bek tengah baru. Namun demikian, the Reds diprediksi bakal kesulitan meyakinkan pemain top untuk bergabung di bursa Januari.

Liverpool dikabarkan sedang mencari bek tengah setelah dua pilarnya: Virgil van Dijk dan Joe Gomez dibekap cedera lutut sehingga mesti absen panjang. Sejauh ini belum bisa dipastikan kapan keduanya bisa merumput lagi.

Di tengah kabar Joel Matip sudah mulai berlatih, Liverpool memainkan dua gelandangnya, Fabinho dan Jordan Henderson sebagai bek tengah. Hasilnya sih tak buruk-buruk amat, karena si Merah toh masih dalam persaingan gelar juara usai menempati peringkat empat di klasemen Liga Inggris.

Meski demikian, Liverpool sudah jelas harus mencari solusi atas permasalahan pertahanan mereka. Sekalipun saat ini pasukan Merseyside 'merah' itu cuma kemasukan 21 gol dalam 18 pertandingan liga, hanya kalah dari Manchester City (13), Tottenham Hotspur (17), dan Arsenal (19) di antara tim-tim enam besar.

Glen Johnson pernah memperkuat Liverpool selama enam tahun pada 2009-2015. Johnson percaya, bek-bek elite akan sulit diboyong ke Anfield karena cuma akan menjadi cadangan sekalinya Van Dijk dan Gomez sudah comeback.

"Sulit. Sudah jelas Hendo dan Fabinho merupakan pemain-pemain yang fantastis dan telah membuktikan bahwa mereka piawai juga dimainkan sebagai bek tengah," kata Johnson kepada Sky Sports.

Baca juga: Duh, Firmino

"Masalahnya bagi Liverpool adalah kalau merea mencoba merekrut seseorang, siapapun yang datang akan tahu bahwa mereka itu cuma pilihan ketiga, keempat, atau bahkan kelima dalam waktu delapan bulan. Pemain terbaik mana yang akan mau melakukan hal itu?" lanjut dia.

Menurut Johnson, solusi terbaik bagi Liverpool adalah meminjam pemain. "Kemungkinan peminjaman, mungkin? Mungkin seseorang yang tahu bahwa mereka hanya akan datang sampai akhir musim," sambung eks pemain internasional Inggris itu.

"Hal itu merupakan opsi yang lebih memungkinkan. Tapi apakah mereka membutuhkan lebih banyak pemain? Ya, sudah pasti," simpul Johnson yang mengomentari renana belanja Liverpool di bursa musim dingin.

(rin/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com