sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 28 Jan 2021 16:40 WIB

Martin Odegaard: 'Si Messi Norwegia' Amunisi Baru Arsenal

Lucas Aditya - detikSport
OSLO, NORWAY - MAY 29: Martin Odegaard of Norway observe training session before Iceland v Norway at Ullevaal Stadion on May 29, 2018 in Oslo, Norway. (Photo by Trond Tandberg/Getty Images) Martin Odegaard, 'Messi Norwegia' amunisi baru Arsenal. ( Foto: Trond Tandberg/Getty Images)
Jakarta -

Martin Odegaard sudah bergabung dengan Arsenal. Pemain yang dijuluki Lionel Messi-nya Norwegia itu menjadi amunisi baru lini tengah Gudang Peluru.

Arsenal mendatangkan Odegaard dari Real Madrid dengan status pinjaman. Durasi peminjamannya berlaku sampai akhir musim ini.

Di kancah sepakbola Eropa, nama Odegaard sudah mencuat pada tahun 2014. Saat itu, dia mencuat bersama Stromsgodset di Liga Norwegia.

Meski masih belia, Odegaard sudah mencatatkan banyak laga untuk Stromsgodset. Di usia yang ke-15, Odegaard sudah mencatatkan sebanyak 23 pertandingan dan 5 gol di liga teratas Polandia.

Penampilan Odegaard bersama tim liga Norwegia itu menjadibuah bibir di Eropa. Alhasil, Real Madrid pun terarik untuk merekrutnya.

Pada 21 Januari 2015, Madrid menebus Odegarrd dari Stromsgodset dengan nilai transfer 4 juta euro, yang bisa naik hingga 8-8,5 juta euro.

Sejak musim 2014/2015, Odegaard lebih banyak menghabiskan di tim Real Madrid Castilla. Dia bermain sebanyak 58 kali dengan sumbangan 5 gol di Segunda Division B.

Di tim utama Madrid, Odegaard baru 8 kali bermain. Lebih banyak menjalani masa pinjaman. Sebebelum Arsenal, Heerenveen, Vitesse, dan Real Sociedad yang pernah merasakan servis Odegaard sebagai pemain pinjaman.

Odegaard menjalani musim paling bagus bersama Vitesse, dengan tampil sebanyak 39 kali dengan sumbangan 11 gol.

'Messi Norwegia' kini sudah berlabuh di Liga Inggris. Arsenal yang menjadi pilihannya, dia bisa menjadi penambal kekosongan pos yang ditinggalkan oleh Mesut Oezil.

"Saya antusias dan saat saya mempunyai kesempatan untuk datang ke sini, itu seperti kesempatan yang sangat bagus untuk diambil. Jadi, saya sangat senang bisa berada di sini," kata Odegaard di situs Arsenal.

(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com