Fikayo Tomori ke Pemain-pemain Inggris: Ayo Merantau!

Bayu Baskoro - Sepakbola
Jumat, 29 Jan 2021 19:35 WIB
Fikayo Tomori resmi dipinjamkan Chelsea ke AC Milan dengan durasi kontrak hingga akhir musim 2020/2021.
Fikayo Tomori resmi berseragam AC Milan hingga akhir musim 2020/2021. (Foto: dok. AC Milan)
Milan -

Fikayo Tomori resmi berseragam AC Milan. Pemain Inggris itu berharap rekan-rekan senegaranya berani mengikuti jejaknya dengan bermain di luar negeri.

Tomori resmi diumumkan menjadi pemain Milan pada Sabtu (23/1/2021). Dia dipinjamkan dari Chelsea hingga kompetisi 2020/2021 berakhir, plus opsi pembelian permanen senilai 26 juta paun.

Pemain jebolan akademi Chelsea itu menjadi pemain Inggris keempat yang bermain di Liga Italia musim ini. Dia mengikuti jejak Englishman lainnya yang berkarier di sana, yakni Chris Smalling (AS Roma) dan Ashley Young (Inter Milan).

Jika diperhatikan, bintang-bintang Inggris memang sedikit yang berkarier di luar Premier League. Soccerway mencatat, hanya ada enam pemain Negeri Ratu Elizabeth yang berkarier di Bundesliga, sementara di LaLiga cuma Kierran Trippier (Atletico Madrid) saja.

Kurangnya pemain Inggris di luar negeri turut menjadi sorotan dari Fikayo Tomori. Dia berharap kolega-kolega senegaranya berani meninggalkan zona nyaman dan menjajal peruntungan di liga lain, demi pengembangan diri sendiri dan Timnas Inggris.

"Banyak orang menyadari ada sepakbola lain yang lebih dari Premier League dan Inggris. Saya berbicara dengan banyak pemain Inggris dan mereka selalu bilang: 'Bagaimana bisa pemain dari Brasil atau Argentina merantau di usia 16 atau 17 tahun, sementara pemain-pemain Inggris tidak banyak yang keluar dari negerinya sendiri'," kata Tomori, dikutip dari Mirror.

"Saya rasa itu sesuatu yang positif apabila banyak pemain-pemain muda Inggris berani meninggalkan Inggris dan mau mencoba sesuatu yang baru, belajar bahasa baru dan gaya permainan yang berbeda. Ini bakal menguntungkan mereka dan Timnas Inggris," dia menambahkan.

"Bermain di luar negeri memberikan anda pandangan berbeda dalam sepakbola secara menyeluruh, ketimbang hanya di Premier League dan berada di zona nyaman. Keluar dari zona nyaman jelas bisa mengembangkan seseorang dan juga para pemain," ujarnya.

Daftar Pemain-pemain Inggris di Empat Liga Top Eropa di Luar Premier League:

LaLiga
Kieran Trippier (Atletico Madrid)

Serie A
Chris Smalling (AS Roma)
Ashley Young (Inter Milan)
Ronaldo Vieira Nan (Hellas Verona)
Fikayo Tomori (AC Milan)

Bundesliga
Jamal Musiala (Bayern Munich)
Jadon Sancho (Borussia Dortmund)
Jude Bellingham (Borussia Dortmund)
Clinton Mola (VfB Stuttgart)
Ryan Sessegnon (Hoffenheim)
Reece Oxford (Augsburg)

Ligue 1
Stephy Mavididi (Montpellier)
Trevoh Chalobah (Lorient)
Mohammed Ali Cho (Angers SCO)
Johnathan Panzo (Dijon).

(bay/aff)