Barnsley Vs Chelsea: Tammy Abraham Si Pembeda

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Jumat, 12 Feb 2021 10:29 WIB
Chelseas Tammy Abraham, centre, scores the opening goal during the English FA Cup fifth round soccer match between Barnsley and Chelsea at the Oakwell Stadium in Barnsley, England,Thursday Feb. 11, 2021. (AP Photo/Dave Thompson, Pool)
Chelsea lolos ke perempatfinal Piala FA usai menang 1-0 atas Barnley berkat gol Tammy Abraham (Foto: AP/Dave Thompson)
Barnsley -

Chelsea lolos ke perempatfinal Piala FA usai menyingkirkan Barnsley. The Blues patut berterima kasih kepada Tammy Abraham.

Laga Barnsley vs Chelsea di babak kelima Piala FA digelar di Oakwell Stadium, Jumat (12/2/2021) dini hari WIB. Tim tamu menang dengan skor tipis 1-0.

Dalam pertandingan itu, Chelsea yang tampil dominan baru bisa mencetak gol pada menit ke-64. Abraham membobol gawang Barnsley usai memanfaatkan umpan dari Reece James.

Gol tersebut bak menjadikan Abraham sebagai mesin gol di Piala FA. Dia sudah terlibat dalam sembilan gol (6 gol, 3 assist) dalam tujuh kali penampilan terakhirnya sebagai starter di Piala FA.

Musim ini, Tammy Abraham sudah mencetak empat gol di Piala FA bersama Chelsea. Sebelum laga melawan Barnsley, striker berusia 23 tahun itu mencetak hat-trick ke gawang Luton di babak keempat.

"Jelas dia membuat perbedaan," ujar manajer Chelsea Thomas Tuchel usai pertandingan, seperti dilansir situs resmi klub.

"Tapi Anda tidak bisa mengesampingkan operan dari Billy Gilmour, larinya Reece James, jadi itu adalah gol yang sangat bagus di mana dia berada di akhir dari kombinasi yang sangat bagus."

"Namun, ya, dia mencetak gol menentukan di pertandingan kompetisi piala dan itu bagus untuknya, karena yang terpenting buat striker adalah mencetak gol."

"Dan tentu saja blok di garis gawang juga krusial saat itu," imbuh Tuchel soal penyelamatan Tammy Abraham di garis gawang.

Ya, Abraham memang tak cuma mencetak gol penentu kemenangan Chelsea atas Barnsley. Dia juga sempat menyelamatkan gawang Chelsea dari kebobolan.

Itu terjadi pada menit ke-78. Dalam situasi tendangan bebas untuk Barnsley, Kepa Arrizabalaga gagal menghalau bola dengan sempurna. Bola kemudian disepak oleh Michael Sollbauer dan mengarah ke gawang.

Beruntung bagi Chelsea, ada Abraham di depan gawang. Dia langsung menyundul bola, menghalaunya ke atas gawang. Tammy Abraham tak cuma meloloskan Chelsea lewat aksinya di depan gawang lawan, tapi juga di depan gawang sendiri.

(nds/yna)