Arsenal Tertinggal dari Tottenham di Klasemen, Arteta: Sulit Diterima

Adhi Prasetya - Sepakbola
Minggu, 14 Mar 2021 15:40 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - DECEMBER 19:  Mikel Arteta, Manager of Arsenal looks dejected during the Premier League match between Everton and Arsenal at Goodison Park on December 19, 2020 in Liverpool, England. A limited number of fans (2000) are welcomed back to stadiums to watch elite football across England. This was following easing of restrictions on spectators in tiers one and two areas only. (Photo by Peter Powell -
Arteta merasa posisi Arsenal di Liga Inggris harusnya bisa lebih baik lagi. Foto: Peter Powell/Pool/Getty Images
London -

Sudah lama Arsenal tak finis di atas Tottenham Hotspur di Liga Inggris. Manajer The Gunners Mikel Arteta mengakui hal itu tak bisa diterima.

Sejak 1996 hingga 2016, Arsenal rutin memperingati St Totteringham's Day, 'hari raya' yang dibuat fans Arsenal saat timnya dipastikan secara matematis finis di atas Tottenham di Liga Inggris.

Hal itu disebabkan kekuatan Arsenal yang mampu mengungguli Tottenham sebagai tim terbaik di London Utara. Namun sejak musim 2016/17, perayaan itu tak lagi ada.

Pasalnya, Arsenal selalu finis di bawah Tottenham. Hal itu sudah berlangsung empat musim lamanya. Bahkan melihat perolehan poin di musim ini, bisa jadi periode itu akan terus berlanjut.

Sejauh ini, Tottenham sudah mengumpulkan 45 poin dari 27 laga, dan duduk di urutan ketujuh klasemen sementara. Sedangkan Arsenal baru mengumpulkan 38 poin dari 27 laga dan tercecer di urutan sepuluh.

Tak cuma itu, Arsenal bahkan saat ini tak lebih baik dari rival sekota lainnya seperti West Ham United (48 poin) dan Chelsea (51 poin). Sudah lama tak juara Liga Inggris, di London pun bukan jadi penguasa.

"Tidak (bisa diterima)," ujar Arteta saat ditanyai wartawan mengenai kondisi Arsenal yang bahkan bukan lagi tim terbaik di London, seperti dikutip Daily Mail.

"Kami ingin menjadi yang terbaik. Bukan cuma di London, kami ingin menjadi yang terbaik di Liga Inggris."

"Itulah standar yang harus kami capai, mengingat ekspektasi yang kami punya dan apa yang sudah terjadi pada klub ini selama bertahun-tahun."

Tottenham's Harry Kane, right, celebrates after scoring his side's fourth goal with Tottenham's Son Heung-min during the English Premier League soccer match between Tottenham Hotspur and Crystal Palace at the Tottenham Hotspur Stadium in London, Sunday, March 7, 2021. (Julian Finney/Pool via AP)Tottenham sudah 4 musim terakhir selalu finis di atas Arsenal. Foto: AP/Julian Finney

"Saya tak tertarik dengan menjadi yang terbaik di London. Saya ingin menjadi yang terbaik di Inggris," tegas manajer asal Spanyol itu.

Arsenal vs Tottenham Hotspur akan dihelat pada Minggu (14/3/2021) pukul 23.30 WIB.

(adp/cas)