Beda Lampard dan Tuchel di Mata Caballero

Yanu Arifin - Sepakbola
Sabtu, 27 Mar 2021 08:20 WIB
Chelseas head coach Thomas Tuchel reacts at the end of the English Premier League soccer match between Chelsea and Everton at the Stamford Bridge stadium in London, Monday, March 8, 2021. (John Sibley/Pool via AP)
Beda Thomas Tuchel dan Frank Lampard di mata Willy Caballero (Foto: John Sibley/AP)
London -

Kiper cadangan Chelsea, Willy Caballero, mengungkap perbedaan gaya melatih Frank Lampard dan Thomas Tuchel. Apa katanya?

Chelsea sempat dilatih Lampard sejak musim lalu. Namun, mantan gelandangnya itu dipecat, karena gagal membawa klub bersaing.

Bersama Lampard, Chelsea mengalami inkonsistensi permainan. The Blues sempat bersaing di posisi atas, sebelum terjun ke papan tengah klasemen Liga Inggris di pertengahan musim ini.

Tuchel pun datang menggantikan Lampard. Manajer asal Jerman itu bisa membuat Chelsea tak terkalahkan sejak ia datang, dan membawa N'Golo Kante dkk kembali ke empat besar persaingan Liga Inggris, Chelsea juga secara gemilang melaju ke perempatfinal Liga Champions bersama Tuchel.

Willy Caballero, kiper ketiga Chelsea, mengungkap beda Frank Lampard dan Thomas Tuchel dalam melatih Chelsea. Begini katanya.

"Tidak diragukan lagi, dengan Frank, kami memiliki gagasan yang lebih langsung tentang permainan, pada dasarnya sepakbola Inggris. Untuk menyerang dengan cepat, menyerang di sayap, gerakkan secara terpusat atau serang di satu sisi dan selesaikan di sisi lain tetapi dengan sedikit vertikalitas," ungkap Caballero kepada 90min.com.

"Sepakbola yang disukainya sangat memusingkan, dengan pergerakan bola yang cepat. Dia juga suka menyerang dan menyerang balik."

"Sekarang dengan Tuchel, ini lebih tentang menggabungkan semuanya, bermain dengan bola. Kami menciptakan lebih banyak cara. Dia hampir memberi tahu kami bagaimana pertandingan akan berkembang, di mana aspek kunci lawan, kekuatan dan kelemahan mereka."

"Dengan ide-idenya, dari bagaimana dia membuat timnya untuk bermain bagus, dia mengatakan kepada kami, apa yang kami butuhkan untuk lebih terlibat agar bisa bermain lebih baik dan mengikuti rencananya. Kadang-kadang berhasil, kadang tidak, tetapi gagasan untuk bermain itu ada," jelas Willy Caballero, terkait bedanya Frank Lampard dengan Thomas Tuchel.

(yna/raw)